DESKRIPSI BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA

Gendis Ayuwandari, Suparman Suparman

Abstract


Kreativitas merupakan salah satu keterampilan mendasar yang mutlak diberikan kepada siswa pada pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Bahan ajar di sekolah yang sepenuhnya belum menuntun siswa untuk berfikir kreatif akan menghambat siswa dalam memahami konsep dan memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat   meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VII. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta angket. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, bahan  ajar yang digunakan kurang mendukung kreativitas siswa dalam proses pembelajaran matematika,  kreativitas siswa masih tergolong rendah, model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian dapat diperluas pada pengembangan bahan ajar yang berbasis problem based learning yang dapat mengembangkan kreativitas siswa.


Keywords


Bahan Ajar, Kreativitas, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.