Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Siswa Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII

Bunga Putri Syafina

Abstract


. Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0 yang harus dimiliki oleh siswa. Bahan ajar yang belum sesuai dengan pembelajaran revolusi industri akan menghambat pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah sehari-hari. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Berbah. Intrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan angket. Tahap observasi peneliti melakukan observasi tentang kurikulum yang di ajarkan serta metode dan model pembelajaran yang di gunakan selama pembelajaran. Tahap wawancara peneliti melakukan wawancara kepada guru tentang materi yang dianggap susah bagi siswa, kebutuhan sumber bahan ajar yang dapat dikembangkan terutama LKS, dan kesulitan guru dalam mengajar. Tahap penyebaran angket kepada siswa yang memiliki isi tentang sumber belajar, karakteristik siswa, berpikir kritis, dan PBL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, bahan ajar kurang memfasilitasi siswa dalam berpikir kritis, guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan berpikir kritis, dan model pembelajaran problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis, Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning (PBL)

References


Ningrum, I. E., & Suparman, S. (2018, February). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berpendekatan Kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2016). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial peserta didik kelas VIII. Research Report.

Puspitasari, H., & Suparman, S. (2018, February). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berpendekatan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.,708-713.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.

Nur’Azizah, H., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51-6.

Sukmawati, R., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2016). Efektivitas Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3).

Nurafifah, Luthfiyati., Elah Nurlaela, dan Dian Usdiyana. 2016. Model Pembelajaran Osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. MATHLINE, 1(2), 93-97.

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal math educator nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).

Aulia, R. R., Herawati, N. I., & Mulyati, T. (2015). Pembelajaran Dengan Model Osborn Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3(2), 1-9.

Rachmawati, A. (2016). Development Of Student Worksheet With Inquiry-Based To Train Students’critical Thinking Skill On Equilibrium Shift Matter Grade XI. UNESA Journal of Chemical Education, 5(3).

Jayanti, A., & Amin, B. D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 2 Baru. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(1).

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal I

Kurniawan, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Menggunakan Lks Pada Materi Pokok Segi Empat Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii-C Di Smp Negeri 20 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(1), 87-96.

Syafi'i, W. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI Sma. Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi, 13(1), 19-26.

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350-365.

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62.

Yuniarti, T., & Hadi, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Masalah Ekonomi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Dinamika Pendidikan, 10(1), 76-87.

Okmarisa, H., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2016). Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 58-63.

Listianti, R., & Maspupah, M. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1), 15-26.

Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. taklim, 463.

Cahyati, S. S., Cynantia, R., & Rizkiani, S. (2016). Analisis Kebutuhan Siswa dalam Materi Buku Teks Bahasa Inggris Tingkat SMK. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 209-216._2_2

Kaka, E. W., Hunaepi, H., & Masiah, M. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Bioscientist Jurnal Ilmiah Biologi, 4(1), 28-37.

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.