ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP

Desi Rubiyanti, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran abad 21. Keterbatasan bahan ajar yang memfasilitasi siswa untuk berfikir kreatif siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar matematka yang diperlukan untuk dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Pedoman wawancara diberikan pada guru dan siswa untuk menganalisis bahan ajar matematika yang digunakan. Pedoman observasi digunakan untuk mengamati model pembelajaran yang digunakan oleh guru saat proses belajar mengajar. Angket diberikan kepada siswa untuk mendapatkan data menyenai karakteristik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa membutuhkan bahan ajar matematika yang sesuai dengan karakteristik siswa, bahan ajar matematika yang ada belum memfasilitasi siswa berfikir kreatif, guru membutuhkan bahan ajar matematika yang berbasis model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa.


Keywords


Bahan Ajar, Berpikir Kreatif, Model RME

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Ma’arif dkk.,(2014) “peningkatan Berfikir Kritis dan Berfikir Kreatif siswa dengan Problem Based Learning (PBL). Universitas Muhammadiyah Purworejo

Asmarawati, N, I., Suparman., (2017) “ Deskripsi kemampuan berfikir kreatif dan kritis siswa SMP kelas VIII semester genap” Universitas Ahmad Dahlan”

Setyadi,W.(2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meingkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology,2(3),pp.108.

Ramadhani M, H., Caswita.,(2013) “ pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Lampung.

Abdu,A,S., (2017) “pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI)”. Universitas PGRI Yogyakarta. Vol 4 No. 1, Juni 2012

Fardah, D.K. (2012). “Analisis Proses dan Ke-mampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Epen-Ended”. Jurnal Kreano Volume 3 No.3 2 Desem-ber 2012, diakses Tanggal 06 Desember 2014.

Khayatil, F., Sujadi2,I dan Saputro,D,R.(2016). “Pengembagan modul matematika untuk pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok persamaan garis lurus kelas VIII SMP”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika,4(7), pp.609-610

Abdurrahman, M. (2003). “Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Jakarta: Rineka Cipt.

Lasmiyati, dan Harta, I. (2014). “Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat SMP”. Jurnal pendidikan matematika,9(2), pp.164

Dewi, M., Syahputra,E., Dan Asmina. (2017). “Pengembangan Modul Matematika Menggunakan Model Thiagarajan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Di Mts Pesantren Daar Al Uluum”. Kisaran.Paradikma,2(10), pp.195

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). “Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook”, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Marhami. (2015). “Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. seminar nasional matematika dan pendidikan matematika. Universitas Negri Yogyakarta

Ningsi, G, P., (2016)“Analisis kemampuan berfikir kreatif dan kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika siswa kelas IX SMPN I Mbeliling” Universitas Sanata Dharma

Rubiyanti, D., (2018)“ pengembangan pengembangan modul matematika dengan pendekatan realistic mathematics education (rme) pada pokok bahasan statistika untuk smp kelas IX semester gasal. Universitas Ahmad Dahlan .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.