DESKRIPSI BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MELATIH KREATIVITAS SISWA SMP KELAS VII

Lina Anggraeni, Suparman Suparman

Abstract


Pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0 dan pembelajaran abad 21 mengarah pada proses belajar mengajar yang mampu melatih kreativitas siswa. Bahan ajar yang belum membantu siswa mengembangkan kreativitas akan menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahan ajar yang mampu membantu siswa untuk berfikir kreatif dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa  SMP kelas VII. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pedoman wawancara digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kesulitan belajar siswa, sumber belajar, dan media yang digunakan. Pedoman observasi digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kreativitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Teknik analisis data menggunakan Miles and Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi segiempat, kreativitas siswa masih tergolong rendah, bahan ajar yang sudah dikembangkan belum mampu meningkatkan kreativitas siswa, siswa  dan guru membutuhkan bahan ajar yang dapat melatih siswa berfikir kreatif, model penemuan terbimbing dapat membantu siswa untuk berfikir kreatif. Penelitian dapat diperluas pada pengembangan bahan ajar berbasis penemuan terbimbing untuk melatih kreativitas siswa SMP kelas VII.


Keywords


bahan ajar, kreativitas, penemuan terbimbing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.