KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN E-LEARNING DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Dewi Mardhiyana, Nur Baiti Nasution

Abstract


Salah satu tantangan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 yaitu pembelajaran online atau sering disebut e-learning. Hal ini menjadikan perguruan tinggi perlu membekali mahasiswa dengan berbagai kompetensi, termasuk dalam pendidikan matematika. Kompetensi yang perlu dimiliki mahasiswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 yaitu literasi digital, teknologi dan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa pendidikan matematika menggunakan ­e-learning dalam pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari 80 mahasiswa. Dengan menggunakan angket, sebanyak 94% (75 dari 80 mahasiswa) sudah mendengar istilah e-learning. Platform e-learning yang sudah diketahui yaitu google classroom, edmodo, zenius, dan quipper. Adapun fitur yang banyak dibutuhkan dalam ­e-learning yaitu upload materi dan tugas, upload dan memutar video, ujian atau kuis online, serta forum diskusi. Sedangkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online yaitu sebanyak 33 mahasiswa merasa tertarik, 37 mahasiswa merasa kesulitan, dan yang lainnya merasa biasa saja. Sebagian mahasiswa banyak yang merasa kesulitan karena mereka belum memahami konsep-konsep matematika dengan baik. Namun, sebagian yang lain merasa tertarik dan tertarik untuk mengikuti e-learning. Meskipun demikian, mahasiswa memandang perlu dilakukan e-learning untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi.

Keywords


kesiapan, mahasiswa, e-learning, matematika

Full Text:

PDF

References


Chambers P 2008 Teaching Mathematics (Thousand Oaks, CA: Sage) p 9

Haylock D and Thangata F 2007 Key Concepts: Teaching Primary Mathematics (London: Sage Publications Ltd) p 3

Armella L M and Sriraman B 2010. Symbol and mediation in mathematics education. In Sriraman B and English L (Eds.) Theories of Mathematics Education (London, New York: Springer) pp 213-232

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM) 1991 Professional Standards for Teaching Mathematics (Washington, DC: National Academy Press)

Dyahya M 2018 Era Indsutri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia (Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar) p 6

Aoun J E 2017 Robot-Proof: Higher Education in The Age of Artificial Intelligence (US: MIT Press)

Silahuddin 2015 Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan (Jurnal Ilmiah Circuit Vol.1 No.1) pp 48-59


Refbacks

  • There are currently no refbacks.