KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN MATH TRAIL PROJECT BERBANTUAN MATHCITYMAP

Bayu Fajar Ismaya, Adi Nur Cahyono, Scolastika Mariani

Abstract


Kemampuan penalaran matematika belum banyak mendapat perhatian dalam pembelajaran di kelas. Masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari memerlukan penalaran untuk penyelesaiannya. Makalah ini merupakan studi literatur tentang strategi pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik dalam model Project Based Learning (PjBL) yang dikombinasikan dengan teknik Math Trail, berbantuan aplikasi MathCityMap. Penalaran sebagai kegiatan berpikir sangat terkait dengan karakteristik matematika yang tersusun secara logis, sistematis dan analisis. Menggunakan strategi PjBL peserta didik mengeksplorasi masalah realistik dan memperoleh pengetahuan yang dalam sehingga kemampuan penalaran peserta didik akan meningkat. Math Trail memberikan kesempatan kepada peserta didik secara aktif mengeksplorasi matematika dengan mengikuti rute yang direncanakan dan menyelesaikan tugas-tugas matematika terkait dengan temuan mereka selama perjalanan. MathCityMap sebagai media untuk membantu peserta didik mengeksplorasi matematika dalam Math Trail Project. Permasalahan matematika realistik menjadi fokus utama yang akan di eksplorasi oleh peserta didik. Menggunakan konsep matematika yang sudah mereka punyai untuk mengidentifikasi bentuk, bangunan, gedung bersejarah, objek-objek matematika yang bernilai budaya. Bentuk kegiatan peserta didik dikemas menjadi sebuah proyek perjalanan matematika sebagai berikut: 1) proyek eksplorasi masalah matematika berbasis realistik, 2) merencanakan strategi dan desain eksplorasi matematika, 3) melaksanakan eksplorasi berbantuan MathCityMap, 4) menyusun laporan dan presentasi hasil eksplorasi, 5) evaluasi hasil proyek.

Keywords


Kemampuan Penalaran, Project Based Learning; Math Trail; Math City Map

Full Text:

PDF

References


Amin, I., & Mariani, S. (2017). PME Learning Model : The Conceptual Theoretical Study Of Metacognition Learning In Mathematics Problem Solving Based On Constructivism. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 333-352.

Barbosa, A., & Vale, I. (2016). Math Trails: Meaningful Mathematics Outside the Classroom With Pre-Service Teachers. Journal Of The European Teacher Education Network, 11, 63-72.

Barron, B. & Darling-Hammond, L. (2008). Powerful Learning: Studies Show Deep Understanding Derives from Collaborative Methods. (https://www.edutopia.org/inquiry-project-learning-research, diakses 8 Oktober 2018).

Buck Institue for Education. (http://www.bie.org/about/what_pbl, diakses 8 Oktober 2018).

Cahyono, A. N. (2018). Learning Mathematics in a Mobile App-Supported Math Trail Environment. New York: Springer.

Cahyono, A. N. & Ludwig, M. (2016). MathCityMap: Exploring Mathematics Around The City. In 13th International Congress on Mathematics Education (ICME-13). Hamburg.

Cahyono, A. N., Ludwig, M, & Marée, S. (2015). Designing mathematical outdoor tasks for the implementation of The MathCityMap-Project in Indonesia. In Vistro-Yu, C. (Ed.). In pursuit of quality mathematics education for all: Proceedings of the 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education, p. 151-158. Quezon City: Philippine Council of Mathematics Teacher Educators (MATHTED).

Cahyono, A. N., & Miftahudin, M. (2018). Mobile technology in a mathematics trail program: how does it works?. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 24-30.

Dewi, N., & Kusumah, Y. (2017). Implementation of Brain-Based Learning Web-Assisted to Improve Students Mathematical Reasoning. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 128-133.

English, L. D., Humble, S., & Barnes, V. E. (2010). Trail Blazer. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Fauziah, I., Mariani, S., & Isnarto, I. (2017). Kemampuan Penalaran Geometris Peserta didik pada Pembelajaran RME dengan Penekanan Handso on Activity Berdasarkan Aktivitas Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 30-37.

Febriana, R. (2017). The Effectiveness of Project Based Learning on Students’ Social Attitude and Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(4), 374-382.

Fesakis, G., Karta, P., & Kozas, K. (2018). Designing Math Trails for Enhanced by Mobile Learning Realistic Mathematics Education in Primary Education. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(2), 49-63.

Geiger, V., Stillman, G., Brown, J. et al. (2018). Using Mathematics to Solve Real World Problems: The Role of Enablers. Mathematics Education Research Journal, 30 (1), 7-19.

George Lucas Educationl Foundation. (https://www.edutopia.org/project-based-learning, diakses 8 Oktober 2018).

Gurjanow, I. & Ludwig, M. (2017). Gamifiying Math Trails with the MathCityMap app: Impact of Points and Leaderboard on Intrinsic Motivation. In: Aldon, G. & Trgalova, J. (Eds.): Proceedings of the 13th International Conference on Technology in Mathematics Teaching (ICTMT 13), 105-112, Lyon, France, 2017

Gurjanow, I., Ludwig, M. & Zender, J. (2016). Why do in-service teachers and student teachers use MathCityMap and why don't - A short survey on acceptance and user behavior of MathCityMap. Accepted to be presented at 10th Congress of European Research in Mathematics Education (CERME 10), Dublin (Ireland), 01-05 February 2017.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. (2017). The Effect of Project Based Learning With Virtual Media Assistance on Student’s Creativity in Physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 167 – 179.

Habsah, F. S. (2017). Developing Teaching Material Based on Realistic Mathematics and Oriented to the Mathematical Reasoning and Mathematical Communication. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (1), 43-55.

Hernawati, D., Amin, M., Irawati, M., Indriwati, et al (2018). Integration of Project Activity to Enhance the Scientific Process Skill and Self-Efficacy in Zoology of Vertebrate Teaching and Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2475-2485

Kusumawardani, D., Isnarto, I., & Junaedi, I. (2018). Mathematical Reasoning Based on Belief in PBL with Dyadic Interaction Approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 48-53.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Maryani, I. & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Mergendoller, J. R. (2016). Research Brief: PBL Helps Students Become Better Decision Makers. (https://www.bie.org/blog/research_brief_pbl_helps_students_become_better_decision_makers, diakses 8 Oktober 2018).

Mujiasih, Waluya, S.B., Kartono, & Mariani, S. (2018). Growing Geometric Reasoning in Solving Problems of Analytical Geometry Through the Mathematical Communication Problems to State Islamic University Students, Journal of Physics: Conference Series, Vol 983, Conference 1.

Muntaha, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Demonstrasi Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Peserta didik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkan Scientific Literacy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34-43.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Purnamasari. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Metode Project Based Learning Bagi Peserta didik Kelas VII H Semester Genap MTS Negeri Surakarta II. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riyanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Peserta didik SMP. Skripsi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Satrianawati. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning dan Project-Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran dan Sikap Peserta didik pada Matematika di Kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1 Yogyakarta dalam Implementasi Kurikulum 2013. Thesis, Program Pascasarjana. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Shoaf, M. M., Pollak, H. & Schneider, J. (2004). Math Trails. Lexington, MA: The Consortium for Mathematics and its Applications (COMAP).

Sumarmo, U. (2014). Pengembangan Hardskill dan Softskill Matematik Bagi Guru dan Peserta didik untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika Untuk Menunjang Optimalnya Hardskill dan Softskill Peserta didik: 1-14. Bandung, 15 Januari 2014: STKIP Siliwangi Bandung.

Utami, A., A., Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Peserta didik SMP Melalui Model Pembelajaran Project-Based Learning. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pasundan.

Velerina, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Peserta didik SMP Melalui Model Project-Based Learning. Skripsi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yumiati & Noviyanti, M. (2017). Abilities of Reasoning and Mathematics Representation on Guided Inquiry Learning. Journal of Education and Learning, 11 (3), 283-290.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wicaksana, Y., Wardono, & Ridlo, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta didik pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 416-425.

Widodo, A., Saptarani, D., Riandi, & Rochintaniawati, D. (2017). Development of Students’ Informal Reasoning across School Level. Journal of Education and Learning, 11 (3), 273-282.

Zender, J. & Ludwig, M. (2016). MathCityMap (MCM): From Paper To Smartphone – A New Approach Of An Old Concept –. Presented at 13th International Congress on Mathematics Education (ICME-13), Hamburg (Germany), 24-31 July 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.