APLIKASI LOCATION QUOTIENT DAN TIPOLOGI KLASSEN UNTUK MEMGHITUNG PRODUKTIVITAS, LAJU PRODUKTIVITAS DAN ELASTISITAS TENAGA KERJA PADA SEKTOR BASIS

Zellius Ragiliawan, Oktaviana Dwi Saputri, Yeni Nuraeni

Abstract


Daerah-daerah pengirim Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terbanyak/Kantong TKI dikenal sebagai daerah-daerah yang miskin dan tidak memiliki sumber daya alam yang mencukupi untuk dapat menyediakan lapangan kerja bagi penduduk setempat sehingga memotivasi mereka untuk mencari lapangan kerja di luar negeri. Pemerintah daerah harus dapat menyediakan lapangan kerja yang lebih luas untuk mengurangi pengiriman TKI khususnya yang memiliki resiko tinggi yaitu mereka yang berpendidikan rendah. Pembangunan ekonomi dengan mengacu pada sektor basis akan berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah dan akan berpengaruh pada kemampuan daerah untuk menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas. Penggunaan analisis Location Quotient (LQ) dalam penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan merumuskan komposisi dan pergeseran sektor-sektor basis dengan menggunakan PDRB sebagai indikator pertumbuhan wilayah. Analisis LQ juga digunakan untuk menghitung produktifitas, laju pertumbuhan produktivitas dan elastisitas  tenaga kerja. Analisis LQ dilengkapi dengan Analisis Tipologi Klassen untuk mengetahui pola dan struktur pertumbuhan ekonomi dan menghitung kemampuan wilayah dalam penyerapan tenaga kerja di sektor basis. Berdasarkan hasil analisis LQ dan Tipologi Klassen pemerintah daerah dapat menyusun strategi untuk lebih fokus mengembangkan sektor basis sebagai salah satu upaya memperluas kesempatan kerja. Dari hasil penelitian dengan mengambil sampel di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat dapat diketahui sektor basis yang potensial untuk dapat menyerap tenaga kerja bagi penduduk setempat diantaranya sektor pertanian, industri pengolahan, bangunan dan konstruksi, perdagangan, jasa, pertambangan, serta sektor listrik, gas dan air. Dukungan kebijakan dan strategi dari pemerintah daerah dibutuhkan untuk dapat mengembangkan sektor-sektor yang potensial untuk menyerap tenaga kerja lokal dengan cara  mengembangkan agroindustri, meningkatkan sumber daya manusia dan menyediaan sarana prasaranan yang memadai.


Keywords


Tenaga Kerja Indonesia; Location Quentient; Penyerapan Tenaga Kerja; Tipologi Klassen

Full Text:

PDF

References


Becker, G.S. 1993. Human Capital : A Theoretical and Empirical Analysis With Special Reference to Education, Edisi ke-3, The University of Chicago Press.

Choliq. 2007. Analisis Pengembangan Kota Pekalongan sebagai Salah Satu Kawasan Andalan di Jawa Timur. Semarang : Tesisi S-2 Jurusan Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Deddy Rustiono. 2008. Analisis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Propinsi Jawa Tengah. Tesis, Universitas Diponegoro.

Dhiah, Musdholifah, & TonySeno Aji. Fitrayati, 2011. Identifikasi Sektor Unggulan dan Peranannya dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Propinsi Jawa Timur. Jurnal IlmuEkonomi Vol. 6 No. 2.19

Ignatia Rohana dan Nachrowi Djalal Nachrowi. 2004. Pengaruh Struktur Ekonomi pada Penyerapan Tenaga Kerja Sektoral: Analisis Model demometrik di 30 Propinsi pada 9 Sektor di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, (Online), Vol. 5. No. 1.

Kuncoro, Mudrajad. 2007. Otonomi dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang edisi ke-2. Jakarta : Erlangga.

Ledent, Jacques. 1978. Regional MultiplierAnalysis: A Demometric Aproach. International Institute for Applied Systems Analysis Austria.

Lincolin, 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Yogyakarta : BPFE,

Klassen, Leo. H., 1965. Area Economic and Social Redevelopment Guidelines for Programmes. Paris : OECD.

Nadiatulhuda, 2007. Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah. Tesis tidak diterbitkan : Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang

Syafrizal. 1997. Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Regional Wilayah Indonesia Bagian Barat, PRISMA, Maret 1997, hal 27- 38. Yogyakarta : LP3ES.

Sjafrizal, 2008. Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi, Baduose Media, Cetakan Pertama, Padang

Widodo,Tri. 2006. Perencanaan Pembangunan : Aplikasi Komputer. Yogyakarta : UPP STIM YKPN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.