PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA SMP

Monif Maulana, Suparman Suparman

Abstract


Konsep matematika adalah salah satu tujuan penting dalam belajar matematika,
memberikan pemahaman bahwa materi yang diajarkan kepada siswa tidak hanya sebagai
hafalan, tetapi konsep materi pelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan matematika realistik. Metode
dalam penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan penelitian pengembangan 4-D yang terdiri
dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen pengumpulan data
berupa instrumen validasi ahli untuk mengukur kevalidan juga angket siswa untuk mengukur
kepraktisan dan mendapat penilaian produk pengembangan dari ahli maupun siswa. Hasil
penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan berkriteria valid pada aspek isi LKS, aspek
konstruk dan aspek bahasa. LKS diujicobakan kepada 21 siswa kelas VII MTs N 2
Gunungkidul dan hasil uji coba menyatakan bahwa LKS mendapat respon yang baik dari siswa
dan praktis digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas.


Keywords


Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Adityawarman Hidayat & Indra Irawan. 2017. Pengembangan LKS Berbasis RME Dengan

Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 p 51-63

Arif Hidayatul Khusna, Ipung Yuwono, Makbul Muksar. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa

(LKS) Berkarakteristik RME Materi Barisan Dan Deret Untuk Kelas X. Teori, Penelitian, dan

Pengembangan Vol 1 p 739—745

Ekasatya Aldila Afriansyah (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. Jurnal LEMMA Vol2 p

-104

Esti Ambar Nugraheni & Sugiman (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas dan

Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8

p 101-108

Fitrayati, D. Prakoso, A.F. dan Dewi, R.M (2016) “Student Worksheet Development Based on

Contextual and Problem Solving on Microeconomic Theory Introductory Subject” in International

Journal of Control Theory and Application Vol 9 p 141-157

Haris Rizqi Arifin . 2014. LANGUAGE CIRCLE. Journal of Language and Literature Vol 9 No. 1

Harry Dwi Putra, Tatang Herman, Utari Sumarmo. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk

Meningkatkan Kemampuan Problem Problem Matematika Jurnal Internasional tentang Pendidikan

Matematika Emerging (IJEME) Vol 1 p 1-10

Idza Nudia Linnusky & Ariyadi Wijaya. 2017. PENGEMBANGAN PERANGKAT

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADAMATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika

Vol 6 No 1 Tahun 2017

Laela Sagita (2014) Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

UNTUK Peningkatan Kemampuan Berfikir Matematis Siswa . Jurnal Derivat Vol 1 p 1-7

Laras Lestari & Edy Surya (2017). International Journal of Sciences: Riset Dasar dan Terapan

(IJSBAR) Vol 34 p 91-100

Nieveen, N. 2007. An Introduction to Education Design Research. Netherlands: Enschede.

Nur Sri Widyastuti & Pratiwi Pujiastuti (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

(PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia Vol 2 p 183-

Palupi, E.L.W. dan Khabibah, S (2018). “Developing Workshop Module of Realistic Mathematics

Education: Follow-up Workshop” in The Consortium of Asia-Pacific Education Univerity, IOP Conf.

Series: Materials Science and Engineering Vol 296 p 1-7

Ratu ilma indra putri. 2011. Pembelajaran Materi Bangun Datar Melalui Cerita Menggunakan

Pendekatan Pendidikan Realistic Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Vol 18 p 234-239

Theresia Laurens, Florence Adolfina Batlolona, John Rafafy Batlolona, Marleny Leasa . 2018.

Bagaimana Realistic Mathematics Education (RME) Meningkatkan Prestasi Kognitif Matematika

siswa?. EURASIA Jurnal Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi Vol 14 p 569 -578

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. I. 1974. Instructional development for training teachers of

exceptional children: A Sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped

Treffers, A. (1987). Three dimensions. A model of goal and theory description in mathematics

education. Dordrecht, the Netherlands: Reidel.

Ullya, Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri. 2010. Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan

Berbasispendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 p 86-96


Refbacks

  • There are currently no refbacks.