PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA SMP
Abstract
Konsep matematika adalah salah satu tujuan penting dalam belajar matematika,
memberikan pemahaman bahwa materi yang diajarkan kepada siswa tidak hanya sebagai
hafalan, tetapi konsep materi pelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan matematika realistik. Metode
dalam penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan penelitian pengembangan 4-D yang terdiri
dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen pengumpulan data
berupa instrumen validasi ahli untuk mengukur kevalidan juga angket siswa untuk mengukur
kepraktisan dan mendapat penilaian produk pengembangan dari ahli maupun siswa. Hasil
penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan berkriteria valid pada aspek isi LKS, aspek
konstruk dan aspek bahasa. LKS diujicobakan kepada 21 siswa kelas VII MTs N 2
Gunungkidul dan hasil uji coba menyatakan bahwa LKS mendapat respon yang baik dari siswa
dan praktis digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adityawarman Hidayat & Indra Irawan. 2017. Pengembangan LKS Berbasis RME Dengan
Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 p 51-63
Arif Hidayatul Khusna, Ipung Yuwono, Makbul Muksar. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa
(LKS) Berkarakteristik RME Materi Barisan Dan Deret Untuk Kelas X. Teori, Penelitian, dan
Pengembangan Vol 1 p 739—745
Ekasatya Aldila Afriansyah (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. Jurnal LEMMA Vol2 p
-104
Esti Ambar Nugraheni & Sugiman (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas dan
Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8
p 101-108
Fitrayati, D. Prakoso, A.F. dan Dewi, R.M (2016) “Student Worksheet Development Based on
Contextual and Problem Solving on Microeconomic Theory Introductory Subject” in International
Journal of Control Theory and Application Vol 9 p 141-157
Haris Rizqi Arifin . 2014. LANGUAGE CIRCLE. Journal of Language and Literature Vol 9 No. 1
Harry Dwi Putra, Tatang Herman, Utari Sumarmo. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk
Meningkatkan Kemampuan Problem Problem Matematika Jurnal Internasional tentang Pendidikan
Matematika Emerging (IJEME) Vol 1 p 1-10
Idza Nudia Linnusky & Ariyadi Wijaya. 2017. PENGEMBANGAN PERANGKAT
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADAMATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 Tahun 2017
Laela Sagita (2014) Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
UNTUK Peningkatan Kemampuan Berfikir Matematis Siswa . Jurnal Derivat Vol 1 p 1-7
Laras Lestari & Edy Surya (2017). International Journal of Sciences: Riset Dasar dan Terapan
(IJSBAR) Vol 34 p 91-100
Nieveen, N. 2007. An Introduction to Education Design Research. Netherlands: Enschede.
Nur Sri Widyastuti & Pratiwi Pujiastuti (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
(PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia Vol 2 p 183-
Palupi, E.L.W. dan Khabibah, S (2018). “Developing Workshop Module of Realistic Mathematics
Education: Follow-up Workshop” in The Consortium of Asia-Pacific Education Univerity, IOP Conf.
Series: Materials Science and Engineering Vol 296 p 1-7
Ratu ilma indra putri. 2011. Pembelajaran Materi Bangun Datar Melalui Cerita Menggunakan
Pendekatan Pendidikan Realistic Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Vol 18 p 234-239
Theresia Laurens, Florence Adolfina Batlolona, John Rafafy Batlolona, Marleny Leasa . 2018.
Bagaimana Realistic Mathematics Education (RME) Meningkatkan Prestasi Kognitif Matematika
siswa?. EURASIA Jurnal Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi Vol 14 p 569 -578
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. I. 1974. Instructional development for training teachers of
exceptional children: A Sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped
Treffers, A. (1987). Three dimensions. A model of goal and theory description in mathematics
education. Dordrecht, the Netherlands: Reidel.
Ullya, Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri. 2010. Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan
Berbasispendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 p 86-96
Refbacks
- There are currently no refbacks.