PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER

Sri Irawati, Agus Subaidi

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada penerapan pembelajaran multirepresentasi berbasis lesson study pada mata kuliah program linier. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari langkah persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Adapun subjek penelitiannya adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika universitas Madura semester 6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran, lembar observasi kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran, lembar angket respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan aktivitas mahasiswa dari 3,16 pada siklus 1, 3,31 pada siklus 2, menjadi 3,67  pada siklus 3. Tes hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 63,2% pada siklus 1, 78,94% pada siklus 2 menjadi 89,47% pada siklus 3. Sehingga disimpulkan pembelajaran multirepresentasi berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah program linierPembelajaran, Multirepresentasi, Lesson Study, Program Linier

Keywords


Pembelajaran, Multirepresentasi, Lesson Study, Program Linier

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.