ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA

Mondia Nova Pratiwi, Suparman Suparman

Abstract


Proses pembelajaran  abad 21 merupakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa dituntut untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Salah satu peran penting dalam proses pembelajaran yaitu adanya sumber belajar atau bahan ajar yang dapat membantu siswa memahami materi secara mudah dan dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Teknis analisis data dengan menggunakan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terhadap siswa, wawancara dengan guru, dan berdasarkan hasil penilaian tengah semester (PTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa mengalami kesulitan pada materi koordinat dan cartesius sehingga hasilnya kurang maksimal, kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah, bahan ajar yang masih terbatas salah satunya yaitu modul berbasis kreativitas belum memadai. Berdasarkan hasil penelitian, maka bahan ajar berupa modul matematika yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.


Keywords


Bahan Ajar, Berpikir Kritis dan Kreatif, Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Munir 2008 Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bandung: Alfabeta,) pp 132

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas 2008 Panduan Pengembangan Bahan Ajar (Jakarta: Depdiknas) pp 13

Ghufron N dan Rini R S 2014 Teori-teori Psikologi (Yogyakarta: Ar-Ruzz media) pp 101

Sumarmo U 2010 Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik (https://www.scribd.com/doc/76353753/BerfikirDan-Disposisi-Matematik-Utari, diakses 14 Oktober 2018).

Kaufman J Plucker J A Baer J 2008 Essential of Creativity Assessment Hoboken: John Wiley & Sons, Inc pp 18

Yati Nurhida Retni Budiarti S Hamidah Afreni 2014 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswadalam Memecahkan Soal pada Materi Virus di SMA Negeri 3 Kota Jambi (Jambi: Universitas Jambi)

Ramalisa Y 2013 Proses Berpikir Kritis Siswa Sma Tipe Kepribadian Thinking Dalam Memecahkan Masalah Matematika Jurnal Edumatica vol 4 (1)

Afandi A 2016 Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Matematika Jurnal Gammath vol 1 (2)

Maarif Syamsul Kurniasih Nila 2014 Peningkatan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Dengan Problem Based Learning (PBL). Ekuivalen : Peningkatan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Dengan Problem Based Learning(PBL) Universitas Muhammadiyah Purworejo

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Pendidikan (Bandung : Alfabeta) pp 338-345

Cahyaningsih R and Asikin M 2015 Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan INNOMATTS Jurnal Nalar Pendidikan vol 3(1) pp 24-29.

Marhami 2015 Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Problem Based Learning SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY (ISBN. 978-602-73403-0-5)

Saputra M Hapiz Y Hobri Kristiana Arika I Pengembangan Paket Tes Berpikir Kreatif Matematis Tipe Problem Posing untuk Siswa Kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Jurnal Edukasi unej ii (1) pp 1-7

Ardiansyah Reza Corebima A D Rohman Fatchur 2016 Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek (ISSN: 2557-533X)

Priyantoro Hermawan Suparman Rizki Agung 2017 Analisis Kebutuhan Terhadap Bahan Ajar Matematika Siswa Sesuai Model Pembelajaran STAD. THE 5TH URECOL PROCEEDING (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan)

Sunaryo Y 2014 Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya Jurnal Pendidikan dan Keguruan vol 1(2) pp 41-51


Refbacks

  • There are currently no refbacks.