PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN POLINOMIAL

Agus Subaidi, Sri Indriati Hasanah, Nur Diana Holida

Abstract


Model pembelajaran yang diterapkan oleh seorang guru perlu disesuaikan dengan isi materi pelajaran dan kondisi siswa. Hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan polinomial. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Galis semester 2 tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa kelas eksperimen 30 orang dan siswa kelas kontrol 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Analisis data yang digunakan berupa statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 2,61, selanjutnya dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 2,002 pada taraf signifikan 5%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢  ≥  𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ,  yaitu 2,61 ≥ 2,002. Artinya 𝐻1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan polinomial SMA”.

Keywords


Learning Together, Prestasi Belajar Matematika, dan Polinomial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.