ETNOMATEMATIKA DALAM BUDAYA MASYARAKAT KABUPATEN PURBALINGGA

Fariz Setyawan, Catur Yustika Melati

Abstract


Matematika selama ini dikenal sebagai ilmu pasti dan dipandang sebagai alat untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam dunia sains saja, sehingga mengabaikan pandangan matematika sebagai kegiatan manusia. Sedangkan budaya adalah keseluruhan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat. Definisi tersebut membuat banyak orang menganggap bahwa matematika dan budaya adalah dua hal yang sangat kontras, dan matematika adalah cabang ilmu yang tidak berhubungan dengan budaya. Seiring berjalannya waktu muncul berbagai hasil kajian yang mengaitkan antara matematika dan budaya yang pada akhirnya kita kenal dengan istilah etnomatematika. Etnomatematika berkembang di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Desa Sambirata, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Masyarakat di daerah tersebut mengaplikasikan etnomatematika dalam bentuk kerajinan lokal berupa kerajinan gerabah dari tanah liat.  

Full Text:

PDF

References


Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1,2.

Koetjaraningrat. 1985. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. British: Taylor & Francis Group.

Lestiana, H. T., Rejeki, S., & Setyawan, F. (2017). Identifying Students’ Errors on Fractions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 131-139.

Setyawan, F. (2015). Conceptual Understanding Profile of LEOV Junior High School Students Based on Kolb’s Learning Style. In International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICSME) (pp. 61-63).

Shirley, L. (1995). Using Ethnomathematics to find Multicultural Mathematical Connection, NCTM.

Prabowo, A. (2016). Hasil-Hasil Terbaru Dalam Penyelidikan Matematika Jawa. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya, Purwokerto, 371-383.

Prabowo, A dan Pramono S. (2010). Memahat Karakter Melelui Pembelajaran Matematika. Internasional Conference on Teacher Education. Bandung, 165-176.

Setyawan, F. (2017). Profil Representasi Siswa SMP terhadap Materi PLSV Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 82-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.