IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT PESERTA DIDIK KELAS VII

Elis Muslimah Nuraida, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi Lesson Study  dalam pembelajaran   operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat di kelas VII. Lesson Study adalah sistem yang telah lama diterapkan dan dikembangkan di Jepang.lesson study bukan metode atau strategi pembelajaran, tetapi kegiatan lesson  study yang dapat menerapkan berbagai metode atau strategi pembelajaran yang tepat dengan situasi, kondisi, dan masalah yang dihadapi guru.Penelitian ini terkait dengan kurikulum pembelajaran 2013 dan menentukan kontek pada konten pembelajaran dengan pendekatan PMRI.  Metode yang digunakan adalah  deskriptif. Penelitian  ini dilakukan pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Palembang. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri dari  empat  tahap: Plan,Do, See dan  Redesign. Media yang digunakan LAPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran  dengan Lesson Study dapat membantu peserta didik memahami konsep operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat.

Keywords


Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat, PMRI, Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Braddock, Stacey. (2003). Developing Fourth Graders’ Proficiency in Basic Multiplication Facts through Strategy Instruction. B.S. University of Central Florida.

Chandrasari, T. R., & Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Implementasi pembelajaran berbasis lesson study untuk mengembangkan karakter kemandirian belajar peserta didik kelas vii c SMP negeri 9 jember semester genap tahun ajaran 2013/2014 pada sub pokok bahasan garis dan sudut. Kadikma, 6(2), 109 – 118.

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah atas.

Lewis, C. (2004). Apakah Lesson Study Memiliki Masa Depan di Amerika Serikat? pelajaran praktek terbaik dan lesson study. Jurnal Pendidikan Sains Sosial 1

Musser, G.L., Burger, W.F.dan Peterson, B.E. (2005). Mathematics for elementry teacher: A contemporary approach. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.

Rahayu. C. Putri, R.I.I & Zulkardi (2017). Multiplication Of Fraction With Natural Number By Using Hurdles. Advaces In Social Science, Education And Humanities Research, 100.

Putri, R. I. I. (2012). Implementasi Lesson Study Melalui Pendekatan PMRI pada Mata Kuliah Metode Statistika I. KNM XVI UNPAD, Jatinangor.

Putri, R.I.I. Dolk. M. & Zulkardi. (2015). Frifesional Development Of PMRI Teachers For IntroductionSocial Norms. Journal Mathematic Education. 6(1) : 11-19

Sato, M. (2014).Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek“ Learning Community”. Jepang: JICA.

Sembiring. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembang Dan Tantangannya. Journal Mathematic Educatio. 1 (1) : 11-16.

Sumayeka, M. (2011). Desing Reasearch On Multiplication: Structures Supporting The Development Of Splitting Level At Grade 3 In Indonesia Primary School”. IndoMS. J.M.E. 199- 214.

Wulandari, A.T. (2016). Implementasi Program Lesson Study Berbasis Sekolah Sebagai Pendukung Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smp N 1 Sewon. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 5. Vol V. Tahun 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.