PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI

Ulil Muwahiddah, Mohammad Asikin, Scolastika Mariani

Abstract


Salah satu catatan pembelajaran matematika yang tidak kunjung selesai adalah pembelajaran yang bersifat pasif, rendahnya motivasi belajar siswa, rendahnya kemampuan siswa memvisualisasi gambar geometri, lemahnya kemampuan pemecahan masalah geometri siswa dan lain-lain. Studi literatur ini akan membahas tentang model Project Based Learning (PJBL) berbasis etnomatematika berbantuan teknologi Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri. PJBL merupakan pembelajaran yang mendukung pemecahan masalah berupa aktivitas siswa secara langsung melalui proyek, hal tersebut terlihat pada kesesuaian tahapan PJBL dan indikator kemampuan pemecahan masalah. Tugas proyek akan lebih bermakna jika masalah proyek berada dekat dengan siswa yaitu dengan etnomatematika. Media AR akan menjadi perantara terhadap kesenjangan materi geometri yang berupa gambar 2D atau 3D dengan benda-benda pada tugas proyek yang bersifat nyata. Selanjutnya berdasrkan beberapa hal diatas, maka model pembelajaran baru dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa. Model PJBL yang merupakan modifikasi dari Wati (2018) : (1) menganalisis masalah berbasis etnomatematika (2) membuat desain dan jadwal pelaksanaan proyek (3) melaksanakan penelitian berbantuan AR (4) menyusun draf/prototipe produk secara teori (5) menilai, memperbaiki dan menambahkan prototipe dengan bantuan AR (6) Finalisasi dan publikasi proyek. (7) guru memberikan penguatan, masukan, dan perbaikan.

Keywords


Kemampuan pemecahan masalah geometri, Augmented Reality, Project Based Learning, Etnomatematika.

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, Elly., Hobri., Irvan, Muhtadi., & Sunardi. 2017.“Spatial Intelligence on Solving Three Dimensional Geometry Object Through Project Based Learning”.The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(8): 3817-3822, 2017

Astutiningtyas, Erika Laras.,Wulandari, Andhika Ayu & Farahsanti, Isna. 2017.”Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik”. Vol.03(2):59-134.

Ambarwati. 2015. “Keefektifan Model Project Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas VII”. Journal of Mathematics Education. Vol. 4(2).

Astutik, Heny Sri. 2017. “Keefektifan Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Penguasaan SK, Motivasi, dan Minat Siswa SMP” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1), 2017, 56-66

Bulagang, Aaron Frederick & Baharun, Aslina. 2018.”Mobile-Augmented Reality Framework For Students Self-Centred Learning In Higher Education Institutions.

Chin, William. 2014.”The Effect Of Project-Based Learning In High School Geometry”. Dissertation Of The University Of Hawai’i At Manoa.

D’Amborsio,U.1985. “Ethnomathematics and Its Place in the History And Pedagogy of Mathematics”. For the Learning of Mathematics Journal. Vol 5(1), 44-48

Depdiknas.2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.Jakarta:Depdiknas.

Fitri, Rahma, Helma, & Syarifuddin, Hendra. 2014.”Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh”. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1) : 18-22.

Mahendra, I Wayan Eka. 2017. “Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika”, Jurnal Pendidikan Indonesia 6(1) : 106-114

Hanafi, Ali Muhammad. 2014. “ Deskripsi Kesulitan Belajar Geometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo”. Prosiding Seminar Nasional. Vol 03 No. 1

Hernawan, A Herry, Resmini Novi, & Andayani. 2009. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sunjaya, H. 2015.“Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembuatan Brosur Interaktif,” Integritas Politek Negeri Medan, Vol. 1, No. 4, Pp. 110–114.

Mustika, C. G. Rampengan, R. Sanjaya, And Sofyan, 2015.“Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif,” Citec J., Vol. 2, No. 4,.

James. G, Robert C. James. 1976. Mathematics Dictionary. New Jersey: John Wiley & Sons

Jasmine, Julia. 2012. Metode Mengajar Mulitiple Intelligences. Nuansa Cendekia: Bandung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Kaur, S. & Jain, R. 2014. “ Impact Of Work Environtment On Job Satisfaction”. Jaipur,Vol 4, Issue 1.

NCTM. 2000. Excecutive Summary Principles And Standart For School Mathematics. USA: NCTM

Prabawa, E.A., & Zaenuri. 2017. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika”. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1): 120-129

Rachmawati, Inda. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes

Rohendi, D & Sutarno, H.2017.”The Use of Geometry Learning Media Based on Augmented Reality for Junior High School Students”. Prosiding IOP.

Santrock, John W. 2010. Educational Psychology. Jakarta : Prenada Media Grup.

Schraw, G. & Moshman D. 1995.Metacognitive Theories.Published In Educational Psychology Revie, Vol 7:4 (1995), Pp. 351–371.

Thomas, J.W.2000. A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation.

Wati, Laily Fitria. 2018.”Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis PotensiLokal Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan”.JTP2PS,Vol.03:39-47.(Sma/Smk Di Malang)

Widyantini, Untung TS, Joko P dan Estina E. (2014). Laporan Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning(PjBL) dalam Pembelajaran Matematika. PPPPTK matematika: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.