PERAN DEMONSTRATION FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASAR SELF-EFFICACY

Deni Kurniawan, Kartono Kartono

Abstract


Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan dan harus dimiliki oleh siswa karena kemampuan representasi berpusat dari studi matematika sehingga siswa dapat membangun dan memperdalam konsep pemahaman matematis dan hubungannya dengan membuat, membandingkan, dan menggunakan representasi yang bermacam-macam. Meningkatnya kemampuan representasi matematis siswa dipengaruhi oleh aspek psikologis siswa, salah satunya adalah keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri (self-efficacy). Karateristik pembelajaran Group Investigation berpotensi dapat menciptakan dan menggunakan kemampuan representsi bagi siswa. Pembelajaran Group Investigation tersebut akan dimasukan nilai-nilai karakter sehingga akan membentuk pendidikan karakter bagi siswa. Pemberian umpan balik (feedback) juga akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Inti dari kajian konseptual ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran umpan balik dengan metode demostrasion pada pembelajaran Group Investigation berintegrasi pendidikan karakter dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis berdasar self-efficacy siswa.


Keywords


Demonstrasion Feedback, Group Investigation, Kemampuan Representasi Matematis, Pendidikan Karakter, Self-efficacy.

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2): 191-215.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Butler, D. L., & Winne, P. H. 1995. Feedback and self-regulated learning: A theoretical synthesis. Review of Educational Research, 65, 245–281.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meingkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Tesis. SPs UPI Bandung: Tidak Ditebitkan.

Fathurrohman, Pupuh & M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama. Bandung.

Harisantoso, John. 2005. Pendekatan kooperatif model group investigation suatu analisis pengantar. Edusaintek. 1(1), 1-8.

Hatti, J., & Timperley, H. 2007. The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.

Herman, T. 2006. Membangun Pengetahuan Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan: UNY..

Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society, 10 (2), 191-212.

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Mahbubi. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Pustaka Ilmu.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Amerika Serikat: NCTM.

Nurulita, Ajeng Alisa., Mulyono, & Sunarmi. 2013. Keefektifan Pembelajaran Model Designed Student-Centered Instructional Terhadap Kemampuan Representasi Peserta Didik. . Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 60-65.

Pajares, F. 1997. Current Direction in Self-efficacy Reserch. In M. Maher & P. R. Pintrich (Eds). Advences in Motivation and Achievement, 10, 1-49.

Paruntu, P. E., Sukestiyarno, Y. L., & Prasetyo, A. P. B. 2018. Analysis of Mathematical Communication Ability and Curiosity Through Project Based Learning Models With Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 26-34.

Pujisatuti, H. 2008. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa SMP. Tesis. SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Rahman, A. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3).

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sabirin, M. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari. 01(2), 33-34.

Sadler, R. 1989. Formative assessment and the design of instructional systems. instructional Science, 18, 119-144.

Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigasi. Jogjakarta. PPPG.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice. (Terjemahan: N. Yusron.). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

Sternberg, R. J. 2006. Cognitive Psychology, Fourth Edition. Yale University.

Sumarmo, U. 2011. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 1, pp. 22-33).

Taras. 2001. The Use of Tutor Feedback and Student Self-Assessment In Summative Assessment Tasks: Towards Transparency for Students and for Tutors. Assessment & Evaluation in Higher Education, 26(6): 605-614.

Uno, B. Hamzah. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usdiyana, D., dkk. 2010. Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran matematika realistik. Online. Tersdia: http://file.upi.edu/directori.

Wardani, Sri. 2004. Teknik Pengembangan Silabus dan Program Penilaian Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG matematika.

Wilson, S. & Janes, D. P. 2008. Mathematical Self-Efficacy: How Constructivist Philosophies Improve Self-Efficacy. [Online]. Tersedia: http:// www. scribd.com/ doc/ 17461111/Mathematical-self-efficacy-howconstructivist-philosophies-improve-selfefficscy.

Winne, P. H., & Butler, D. L. 1994. Student cognition in learning from teaching. In T. Husen & T. Postlewaite (Eds.), International encyclopaedia of education (2nd ed., pp. 5738-5745). Oxford, UK: Pergamon.

Zaskis, R dan Sirotic, N. 2004. Making Sense of Irrational Numbers: Focusing on Representation. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychologi of Mathematics Education. Vol. 4, 497-504.

Zhe, Liu. 2012. “Survey of Primary Students’ Mathematical Representation Status and Study on the Teaching Model of Mathematical Representation”. Journal of Mathematics Education, 5(1), pp. 63-76.

Zuchdi, D. 2010. Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1 (3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.