PENERAPAN SELF-CONFIDENCE DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Hesti Yunitiara Rizqi, St Budi Waluyo, Wiyanto wiyanto

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang dapat digunakan untuk membangun cara berpikir siswa. Salah satu keterampilan matematika yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan komunikasi matematis. Menurut NCTM (dalam  Purba, dkk,  2018) states that mathematical communication is a way of sharing ideas and clarifying understanding. Through communication, ideas become objects of reflection, refinement, discussion, and amendment. Hal ini sesuai dengan teori Vygotsky dimana pembelajaran yang dilakukan dengan diskusi kelompok mampu membangun kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dan mengemukakan ide atau gagasan dengan teman ataupun guru, sehingga mampu membangun pengetahuannya melalui interaksi dalam belajar kelompok itu. Kajian dalam makalah konseptual ini meliputi peningkatan kemampuan komunikasi matematis dalam penerapan Realistic Mathematic Education (RME) dan Self-Confidence. The concept of RME is characterized by students’ activity to reinvent mathematics under the guidance of an adult, and the reinvention should start from exposure to a variety of “real-world” problems and situations (Lestari & Surya, 2017). RME memiliki lima karakteristik, yaitu (a) menggunakan konteks kehidupan nyata, (b) menggunakan model matematika, (c) menggunakan produksi dan konstruksi, (d) menggunakan interaksi, dan (e) menggunakan keterkaitan. Self-confidence merupakan kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri. Adapun menurut Preston (dalam Rusmini & Surya, 2017) reveals there are 5 aspects of self-confidence builders are: self-awarenes, intention, thinking, imagination, and acting as if, yang artinya ada 5 aspek pembangun kepercayaan diri yaitu: kesadaran diri, niat, pemikiran, imajinasi, dan bertindak seolah-olah.


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Self-confidence.

Full Text:

PDF

References


Fitriani, Nelly. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Self Confidence Siswa Smp Yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid. 2(2) : 251-365. ISSN 2355-1712.

Hidayat, Adityawarman. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Negeri 1 Rumbio Jaya. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1) : 23-40. ISSN : 2579-9258.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu. 7(1) : 9-18. ISSN: 2088-687X.

Nurlia. 2015. Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika Sebelum Dan Sesudah Penerapan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Daya Matematis. 3(3) : 44-45.

Laurens, Theresia, dkk. 2018. How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 14(2) : 569-578. ISSN: 1305-8223.

Lestari, L., & Surya, E. 2017. The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 34(1) : 91-100. ISSN 2307-4531.

Nurkholifah, S.,Toheri & Winarso, W. 2018. Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edumatica. 8(1) : 2580-0779.

Özdemir, Gökkurt, B. 2017. Mathematical Practices In A Learning Environment Designed By Realistic Mathematics Education: Teaching Experiment About Cone And Pyramid. European Journal of Education Studies. 3(5) : 405-431. ISSN: 2501–1111.

Purba, D, I, G, dkk. 2018. The Effect of Students’ Worksheet in the Model of Discovery Learning Against the Students’ Ability of Reasoning and Mathematical Communication in the Faculty of Mathematics and Natural Science of State University of Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 37(3) : 70-82. ISSN 2307-4531.

Rahmi, S., dkk. 2017. The Relation Between Self-Efficacy Toward Math With The Math Communication Competence. Journal of Mathematics Education. 6(2) : 177-182. ISSN 2460-9285.

Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Rusmini & Surya, E. 2017. The Effect of Contextual Learning Approach to Mathematical Connection Ability and Student SelfConfidence Grade Viii Smp Negeri 8 Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 35(2) : 249-262. ISSN 2307-4531.

Ruswanto, Dwijanto & Widowati. 2018. Realistic Mathematics Education Model Includes Characteristic to Improve the Skill of Communication Mathematic. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 7 (1) : 94 – 101. ISSN 2502-4507.

Setiawan, Pongky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. Yogyakarta: Parasmu.

Shadiq, F. (2007). Laporan hasil seminar dan lokakarya pembelajaran matematika di P4TK (PPPG) matematika. Yogyakarta.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: FMIPA UPI.

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Bostom: The International Center Boston College Lynch School of Education.

Tinungki, Maria, G. 2015. The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice. 6(32) : 27-31. ISSN 2222-288X.

Veralita, L., Rohaeti, E., & Purwasih, R. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Aksioma. 9(1) : 113-123. ISSN 2579-7646.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.