PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA KONTEKS LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) PALEMBANG

Suci Hardianti, Zulkardi Zulkardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal matematika tipe PISA konteks Light Rail Transit (LRT) Palembang yang valid dan praktis. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah design research tipe development study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Fatah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, walktrough, tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan suatu produk berupa 9 butir soal matematika tipe PISA konteks Light Rail Transit (LRT) Palembang yang valid dan praktis serta dilengkapi dengan kisi-kisi soal, kartu soal dan rubrik penskoran.


Keywords


design research; soal PISA; konteks Light Rsail Transit (LRT).

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Kamaliyah. (2012). Developing the sixth level of PISA like mathematics problem for secondary school student. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 3(2). 169-188

Kemdikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses. Jakarta: Kemendikbud.

Mardhiyanti, D., Putri, R.I.I., Kesumawati, N. (2011). Pengembangan soal maematika model PISA untuk megukur kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/viewfile/334/100. Diakses pada 15 september 2018

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. PISA, Paris: OECD Publishing.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics and Financial Literacy. PISA, Paris: OECD Publishing.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, why, when and how. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html/. Diakses pada 15 September 2018.

Zulkardi & Ilma, R. (2006). Mendesain sendiri soal kontekstual matematika. https://p4mriunsri.files.wordpress.com/2009/11/mendesain_sendiri_soal_kontekstual.pdf/. Diakses pada 5 September 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.