IMPLEMENTASI KOLABORASI SISWA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI LESSON STUDY DI KELAS VII

Anggi Arini, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk  melihat kolaboratif siswa melalui lesson study. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Palembang yang merupakan salah satu sekolah mitra PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui observasi dan tes tertulis. Tahapan lesson study yaitu perencanaan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, lihat, dan merencanakan kembali kegiatan. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri dari dua aktivitas belajar yaitu sharing task  dan jumping task.  Pada saat sharing task  siswa mengerjakan soal yang ada pada buku   dan  pada aktivitas Jumping task, siswa diminta untuk menyelesaikan masalah kontekstual  yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan  bilangan bulat. Menggunakan lesson study ini  memberi dampak positif terhadap siswa  di kelas VII SMP 1 Palembang. dampak positif yang timbul termasuk memunculkan rasa peduli dengan teman, menggurangi timbulnya kompetisi dalam kegiatan pembelajaran,  dan terjalinnya kolaborasi antar siswa dalam pembelajaran.

Keywords


penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, PMRI, Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Hidayanto, Erry. (2015). Pelaksanaan Lesson Study di Jurusan Matematika FMIPA UM

Putri, R. (2009). “Efek Potensial pelatihan PMRI terhadap Guru – Guru matematika di Palembang” Jurnal pendidikan Matematika,Volume 3.No.2 Desember 2009.

Putri, R.I.I. Dolk. M. & Zulkardi. (2015). Frifesional Development Of PMRI Teachers For IntroductionSocial Norms. Journal Mathematic Education. 6(1) : 11-19

Kilpatric, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Kemendikbud.(2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah atas.

Masaaki, S. (2014). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama. JICA (Japan International Cooperation Agency).

Musser,G.L., Burger, W.F., & Peterson,B.E. (2005) Mathematics For Elementary Teacher. USA: John Wiley & Son,Icn.

Muslimin, Putri, R.I.I., & Somakim. (2012). Desain pembelajaran pengurangan bilangan bulat melalui permainan tradisional congklak berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif (Kreano), 3(2), 100-112.

Nursyahidah, F. (2013). Desain Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan sampai 20 di kelas I Sekolah Dasar menggunakan Permainan tradisional Dakocan (Dakomatika). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol . No Januari 2013.

Rahayu. C. Putri, R.I.I & Zulkardi (2017). Multiplication Of Fraction With Natural Number By Using Hurdles. Advaces In Social Science, Education And Humanities Research, 100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.