EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT DAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP N 4 GAMPING KABUPATEN SLEMAN KELAS VIII SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran aktif Card Sort dan strategi pembelajaran aktif Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 4 Gamping Kabupaten Sleman kelas VIII semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji Bartlet dan uji hipotesis meliputi uji-F dan uji Lanjut Least Significant Different (LSD). Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan db = (2,93) menunjukan (1) ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Card Sort, strategi pembelajaran aktif Team Quiz, dan strategi pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining. Hal ini ditunjukan dengan nilai F_hitung = 4,903 dan F_tabel = 3,106, akibatnya F_hitung > F_tabel maka H_0 ditolak dan (2) strategi pembelajaran aktif Card Sort dan strategi pembelajaran aktif Team Quiz lebih efektif daripada strategi pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji hipotesis LSD dimana dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 93 diperoleh pada Kasus I karena |y1 - y2| = 3,6875 dan LSD = 6,347, akibatnya |y1 - y2| < LSD sehingga H_0 diterima berarti μ1 = μ2.Pada Kasus II |y1 - y3 | = 11,09375 dan LSD = 6,347, akibatnya |y1 - y3| > LSD sehingga H_0 ditolak. Karena y1 = 62,4375 dan y3 = 51,34375, akibatnya y1 > y3 berarti μ1 > μ3. Sedangkan pada Kasus III |y2 - y3| = 7,40625 dan LSD = 6,347, akibatnya |y2 - y3 | > LSD sehingga H_0 ditolak. Karena y2 = 58,75 dan y3 = 51,34375, akibatnya y2 > y3 berarti μ2 > μ3. Sehingga dapat disimpulkanμ1 = μ2 > μ3.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran aktif Card Sort dan strategi pembelajaran aktif Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 4 Gamping Kabupaten Sleman kelas VIII semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji Bartlet dan uji hipotesis meliputi uji- dan uji Lanjut Least Significant Different (LSD). Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan db = (2,93) menunjukan (1) ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Card Sort, strategi pembelajaran aktif Team Quiz, dan strategi pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining. Hal ini ditunjukan dengan nilai dan , akibatnya maka ditolak dan (2) strategi pembelajaran aktif Card Sort dan strategi pembelajaran aktif Team Quiz lebih efektif daripada strategi pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji hipotesis LSD dimana dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 93 diperoleh pada Kasus I karena dan LSD , akibatnya sehingga diterima berarti .Pada Kasus II dan LSD = , akibatnya sehingga ditolak. Karena dan , akibatnya berarti . Sedangkan pada Kasus III dan LSD = , akibatnya sehinggaKeywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Astuti, Fitri. 2012. Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester I SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta : FKIP UAD.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi.
Dris, J dan Tasari. 2011. Matematika 2 untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2011.
Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Irawan, Etsa Indra dan Dwi Haryanto. 2012. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Matematika Untuk SMP/MTs. Bandung : Yrama Widya.
Marno dan M. Idris. 2014. Strategi, Metode, Dan Teknik Mengajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Permata, Dea dan Uswatun Khasanah. 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2015 Mengembangkan Kompetensi Pendidik Matematika dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Sendikmad 2015. Yogyakarta.
Silberman, M. 2014. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia.
Soraya, Liana. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort (Sortir Kartu) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta : UNY.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Suparman. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : MIPA UAD Press.
Ulantari, Desutri. 2012. Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS Semester Genap MAN Maguwoharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta : FKIP UAD.
Widianingrum, Diah. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Tahun Pelajaran 2013/2014. IV/1.
http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/11939/18/1007. Diakses 7 Oktober 2015.
Zaini, Hisyam, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.