Penerapan Pendekatan Pembelajaran berbasis Masalah terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Reviandari Widyatiningtyas, Elly Retnaningrum

Abstract


Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan dan disposisi berpikir kreatif matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan dan disposisi berpikir kreatif matematis siswa SMP. Penelitian kuasi eksperimen dengan disain perbandingan kelompok statis ini melibatkan 70 siswa salah satu SMP di Kota Bandung pada tahun 2017 dengan menggunakan instrumen tes kemampuan awal matematis, tes kemampuan berpikir kreatif dan skala disposisi berpikir kreatif matematis. data dianalisis dengan menggunakan Anova dua jalur dan uji-t, menghasilkan kesimpulan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang pembelajaran matematikanya menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan pendekatan konvensional. Tidak terdapat rata-rata yang signifikan disposisi berpikir kreatif matematis.

Keywords


Pendekatan Pembelajaran berbasis Masalah; Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Evans, J.R. (1990). Creative Thinking in The Decision and Management Science. Cincinnati: South-Western Publishing Co.

National Counci of Teachers of Mathematics. (1991). Professional Standard for Teaching Mathematics. Reston, VA: NCTM.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. Reston, VA:NCTM.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, H. E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sabandar, J. (2007). Berpikir Reflektif. Proseding Seminar Nasional Matematika. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Shouksmith, George. (1979). Inteligence Creativity and Cognitive Style. New York: Willey & Sons, Inc.

Sumarmo, Utari. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.