TIMSS MATEMATIKA PADA DOMAIN KOGNITIF PENALARAN

Kurniawan Kurniawan, Sukriadi Sukriadi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplor siswa SMP Kelas VIII yang bergender laki-laki dalam memecahkan masalah matematika TIMSS pada ranah konten bilangan dan ranah domain kognitif penalaran. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes masalah matematika TIMSS kepada subjek penelitian kemudian dilakukan wawancara secara mendalam berdasarkan jawaban subjek.  Data dianalisis berdasarkan lima tahap yakni, klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh kesimpulan bahwa subjek mengumpulkan bukti, menganalisi data, membuat argumen, hingga membuktikan kebenaran pernyataan. Namun demikian, pada hasil pekerjaan terlihat bahwa subjek melakukan kesalahan yaitu dalam operasi perkalian bilangan desimal. Subjek melakukan konversi 1/2 dan 3/4 ke dalam bentuk bilangan desimal yaitu menjadi 0,5 dan 0,75. Subjek menuliskan dan menjelaskan bahwa hasil perkalian bilangan tersebut sebesar 1,25. berisi abstrak.

Keywords


Penalaran; Pemecahan Masalah Matematika; TIMSS; Ge;nder Laki-laki

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.