KEMAMPUAN SPASIAL SISWA BERGENDER LAKI-LAKI DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI

Fitria Nurul Hidayah, Mega Teguh Budiarto, Agung Lukito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa bergender lak-laki dalam memecahkan masalah geometri. Dengan subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya, Jawa Timur. Pengambilan data dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika untuk mendapatkan subjek laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi. Kemudian diberikan TPMG (Tes Pemecahan Masalah Geometri) dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada masalah visualisasi spasial subjek membayangkan berada tepat dipusat icosahedron kemudian menarik tali dari titik ujung ke titik ujung lain pada ruas garis yang dibandingkan untuk menentukan ruas garis yang lebih panjang dan dalam bayangan subjek ruas garis dengan posisi miring/diagonal lebih panjang dari-pada ruas garis dengan posisi horizontal. Pada masalah orientasi spasial, membayangkan melipat jaring-jaring membentuk kubus dengan menetapkan sisi depan dan sisi atas sebagai acuan untuk memosisikan semua sisi pada kubus, kemudian membayangkan mengitari kubus untuk mengenali sisi kiri, kanan dan belakang serta kemungkinan perubahan letak titik dan membayangkan untuk sisi kiri, sisi kanan dan sisi belakang beserta letak titik pada tiap-tiap sisi setelah menjadi kubus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.