PERANAN INTERAKSI SOSIAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP & MTS

Sugeng Sugeng

Abstract


Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peranan  interaksi sosial dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dan MTs di daerah Bontang, Kalimantan Timur. Populasi penelitian melibatkan 737 siswa dan sampel yang terambil sebanyak 274 siswa dengan teknik cluster sampling. Data  penelitian dikumpulkan melalui angket dan tes. Analisis data menggunaklan teknik path analysis. Sebelum analisis data, dilakukan transformasi dari skala ordinal menjadi skala interval.  Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf a =5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) interaksi sosial memiliki peran yang signifikan terhadap konsep diri siswa (Ho:rx2x1=0  ditolak karena p=0, p<a); (2) interaksi sosial memiliki peran yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa (Ho:ryx2=0 ditolak karena p=0, p<a); 3) konsep diri memiliki peran yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa (Ho:ryx1=0  ditolak karena p=0,023, p<a); dan 4) interaksi sosial dan konsep diri memiliki peran yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa (Ho:ryx1= ryx2 = 0 ditolak p=0, r<a). Hasil pengujian tidak langsung peran interaksi sosial dalam pencapaian hasil belajar matematika ditunjukkan oleh rx2x1  dilanjutkan yx1  atau   (0,229)(–0,121)=–0,028.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.