PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBASIS PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ihwan Zulkarnain, Aulia Masruroh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif berbasis peer teaching terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membandingkan kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK Citra Bangsa Bogor tahun ajaran 2017/2018 kelas X dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data peneliti adalah tes sebanyak 25 soal berupa pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan didapat  thitung > ttabel (2,995 > 2,02) maka H0 ditolak dan H1 diterima pada α =0,05. Dengan demikian rata-rata  hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi strategi pembelajaran metakognitif berbasis peer teaching lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika  kelompok siswa yang diberi strategi pembelajaran think-talk-write atau dengan  kata lain pemberian strategi pembelajaran metakognitif berbasis peer teaching mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.