HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA, MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Suhendri Suhendri, Suparman Suparman

Abstract


Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Hubungan antara kreativitas belajar matematika, minat belajar dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang dimungkinkan berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara  kreativitas belajar matematika, minat belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 kasihan Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul tahun ajaran 2017/2018,  yang terdiri dari kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, VIIID, dan VIIIE yang keseluruhan berjumlah 123 siswa. Diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar dan perhatian orang tua, serta metode  tes untuk memperoleh data kreativitas belajar dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar, minat belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2017/2018.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.