ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MATA KULIAH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Syariful Fahmi, Soffi Widyanesti Priwantororo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang: 1) deskripsi penggunaan media pembelajaran sebagai sumber pembelajaran dalam proses pembelajaran mata kuliah multimedia pembelajaran, 2) pandangan dan kendala yang dihadapi dosen dalam menyampaikan materi Multimedia pembelajaran, 3) formulasi media pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam mata kuliah Multimedia pembelajaran dengan menggunakan Kvisoft flipbook maker. Hasil pengamatan adalah dalam bentuk instrumen kebutuhan mahasiswa dan dosen yang dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Pengamatan menemukan bahwa penggunaan media pembelajaran sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran Multimedia Pembelajaran telah dilakukan di lapangan, namun belum dilaksanakan secara optimal, yaitu: 1) ada kendala dalam penyampaian materi, terutama materi yang membutuhkan praktek langsung dari mahasiswa, 2) materi kuliah Multimedia Pembelajaran adalah mata kuliah yang menuntut mahasiswa untuk berpikir nalar dan kreatif dalam menyusun media sehingga media yang dapat memvisualisasikan proses dan menjelaskannya secara rinci dan benar, 3) media pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran mata kuliah Multimedia Pembelajaran adalah dalam bentuk media audio-visual melalui Kvisoft flipbook maker. Pembuatan media pembelajaran menggunakan Kvisoft flipbook Maker dalam belajar mata kuliah Multimedia Pembelajaran memegang peranan penting sebagai salah satu media media untuk menciptakan belajar-mengajar yang efektif dan efisien. Adanya media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Kvisoft flipbook Maker membantu dosen dan mahasiswa dalam menjelaskan dan menerima mata kuliah Multimedia Pembelajaran Matematika dan juga mempertinggi mutu belajar-mengajar.

Keywords


Kvisoft flipbook Maker; Analisis Kebutuhan; Multimedia Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta: Dian Rakyat.

Berk, R. A. (2012). Top 10 Evidence Based, Best Practices for PowerPoint in the Classroom. Transformative Dialogues: Teaching & Learning Journal, 5(3), 1-7.

Fry, H., Ketteridge, S. & Marshall, S. (2009). A Handbook for Teaching and Learning in Higher Education: enhancing academic practice (Edisi 3). New York, Amerika Serikat: Routledge.

M. Salman A.N. (2008). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan yang Terkait dengan Pembelajaran Matematika (Makalah). Institut Teknologi Bandung; Bandung.

Ramdania, Diena Randa. (2013). Penggunaan Media Flash Flip Book Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Artikel Ilmiah Tugas Akhir. Bandung. UPI

Siregar, Eveline & Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.

Smetana, Lara Kathleen & Bell, Randy. (2012). Computer Simulations to Support Science Instruction and Learning: A critical review of the literature. International Journal of Science Education Volume 34, 2012 - Issue 9.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.