PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER DIPADUKAN DENGAN GEOGEBRA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PROGRAM LINIER

Soffi Widyanesti Priwantoro, Syariful Fahmi, Dwi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker dipadukan dengan geogebra sebagai alternatif media pembelajaran mata kuliah program linier. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Borg and Gall. Hasil pada tahap analisis pendahuluan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pada perkuliahan program linier dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang berbasis visual, sehingga kebutuhan akan dikembangkannya media berbasis multimedia kvisoft dipadukan dengan geogebra sangat perlu agar mahasiswa mendapatkan media pembelajaran sebagai sumber belajar mandiri, efektif, efisien dan juga dapat memahamkan konsep materi pada mata kuliah program linier. Pada tahap pengembangan, menentukan capaian pembelajaran, menganalisis materi, merancang draft awal e-modul, menyusun media pembelajaran, menyusun instrumen penilaian dan menyusun instrumen penelitian.   Pada tahap validasi, produk divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media kemudian uji kelompok kecil, uji lapangan dan menghasilkan produk final. Hasil Penilaian kedua ahli media dan ahli materi mengenai e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik.


Keywords


Media; kvisof; geogebra

Full Text:

PDF

References


Arief, S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfataannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arifin, Zaenal. 2007. Desain Media Pembelajaran Matematika berbantuan Komputer (CAL for Mathematics) Dinamis – Interaktif. http://elarifmath.multiply.com

Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Baharuddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media

Didik Wira Samudro. 2009. Multimedia Pembelajaran reproduksi Pada Manusia. Jurnal Teknologi Informasi.

Erman Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika UPI

Fahmi, S., & Priwantoro, S. W. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR UNTUK MATA KULIAH LOGIKA MATEMATIKA DAN HIMPUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(2), 177-196.

Gunawan, Dedi. 2010. Modul Pembelajaran interaktif elektronik dasar untuk program keahlian teknik audio video SMK MUhammdiyah 1 Sukohrajo Menggunakan Macromedia Flash 8. Jurnal Komuniti Vol.2. No.1:Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hohenwarter & K. M. Fuchs. 2004. Combination of Dynamic Geometry, Algebra and Calculus in the software system geogebra. http://ilarchive.geogebra.org/static/publications/recs_2004pdf

Mr. S. Manivannan, Dr.S. Balasubramanian. 2011. Animation in J2cc Projects_An Overview. International Jounal of Graphics and Multimedia

M. Salman A.N.. 2008. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan yang Terkait dengan Pembelajaran Matematika (Makalah). Institut Teknologi Bandung; Bandung

Mutadi. 2007. Pendekatan Efektif Dalam Pembelajaran Matematika. Semarang : Balai Diklat Keagamaan

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA :NCTM

Nazeri. 2013. Penggunaan e-flipbook dalam topic elektrik dan elektronik: inovasi dalam penggunaan bentuk dan teknologi PISMP RBT. Prosiding seminar Penyeldidikan IPG Zon timur.

Ramdania, Diena Randa. 2013. Penggunaan Media Flash Flipbook dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa (artikel). Bandung :UPI

Reys, R.E., Suydan, M.N.,Lindquist, M.M., &Smith, N.L. 1998. Helping Children Learn Mathematics. Oston : Allyn&Bacon

Richard, E. Mayer (penerjemah Teguh Wahyu Utomo). 2009. Multimedia Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Surabaya: ITS Press, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudiman, Arief. S. dkk. 1989. Beberapa aspek pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: medyatama Saran Perkasa

_____________________. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sumaryanta.,2008.,Matematika Apa dan Bagaimana (Handout).Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga: Program Studi Pendidikan Matematika

Sudijono,Anas.1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Suparni.2009.Perencanaan Pembelajaran Matematika (Handout). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Susilana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran Hakikat pengembangan Pemanfaatan dan Penilaan.Bandung:Wacana Prima

Usman, M. Basyiruddin Asnawir. 2002 . Media Pengajaran. Jakarta : Ciputat Press

Winkel,W.S. 1998. Psikokologi Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan, Jakarta: gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.