PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Halimah Sa’diyah, Tatik Susilowati Utami, Wan Tiara Tianisa

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media e-learning yang bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kualitas e-learning. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Edmodo pada mata pelajaran matematika kelas VII pada materi aritmetika sosial. Uji coba pembelajaran dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Aspek yang diukur dalam penelitian ini adalah respon pembelajaran dengan responden siswa. Pengukuran menggunakan USE Quesionnaire yang dianalisis secara deskriptif kualitatif berdasar skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek usefulness (3,31), ease of use (2,97), ease of learning (3,06), satisfaction (3,27). Secara keseluruhan dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa media e-learning berbasis Edmodo yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan.

Keywords


Media E-Learning, Edmodo, Matematika

Full Text:

PDF

References


Agung, A.G. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha

Al-Kathiri, F. (2014). Beyond the classroom walls: Edmodo in Saudi secondary school EFL instruction, attitudes and challenges. English Language Teaching, 8(1), 189.

Gushiken, B. (2013), April. Integrating Edmodo into a High school service club: To promote Interactive online communication. TCC Worldwide Online Conference.

Hidayati, W. S. (2015). Pengaruh Peng-gunaan Media Jejaring Sosial Edmodo terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Materi Ajar Teoretis dan Praktis. PROSIDING, 97.

Holland, C., & Muilenburg, L. (2011), March. Supporting student collaboration: Edmodo in the classroom. In Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (Vol. 2011, No. 1, pp. 3232-3236).

Kongchan, C. (2008). How a non-digital native teacher makes use of Edmodo. In 5th Intenational Conference ICT for language learning.

Lund, A. M. (2001). Measuring Usability with the USE Questionnaire.

Mufhidin, A. (2013). Efektivitas Peng-gunaan Media Edmodo Sebagai Kegiatan Penunjang Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Di Smk Negeri 1 Majalengka (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). W11qe.

Nu’man. (2014). Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Permendiknas No. 41 tahun 2007

Pop, A. (2013). Edmodo e-portfolios in EFL–A case study. In 8th International Conference on Virtual Learning (pp. 25-26).

Rusman. 2014. Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers & education, 50(4), 1183-1202.

Suriadhi, G., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Edutech, 2(1).

Tegeh, I. M. dan Kirna, I. M (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.