PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DALAM PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C SISWA SMP KELAS VII

Ibnu Rafi, Nurrita Sabrina, Rizka Azizatul Latifah

Abstract


Di abad 21 siswa dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration). Keempat keterampilan tersebut biasa disebut sebagai keterampilan 4C. Pembelajaran matematika yang pada dasarnya berkaitan dengan pemecahan masalah, penalaran dan abstraksi, dapat digunakan untuk menigkatkan keterampilan 4C. Salah satu pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis adalah pembelajaran keliling dan luas segi empat dan segitiga pada SMP kelas VII. Dalam pembelajaran tersebut diharapkan siswa mampu mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai segiempat dan segitiga. Untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode bamboo dancing. Metode bamboo dancing merupakan salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif yang menekankan pada terjadinya kerjasama antara siswa satu dengan siswa lain yang berada dihadapannya dan nantinya mereka saling bergeser berpindah posisi menurut arah putaran jarum jam dalam rangka menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam metode bamboo dancing ini setiap siswa dituntut untuk aktif, baik aktif berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah tertentu dan dalam batasan waktu tertentu. Adapun tahapan dalam metode bamboo dancing yaitu: (1) pengenalan topik; (2) pembentukan kelompok besar; (3) pemberian soal/ tugas; (4) pendiskusian soal/ tugas oleh siswa; dan (5) presentasi kelompok. Pada setiap tahapan metode bamboo dancing dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan keterampilan 4C. Artikel hasil kajian ini membahas penerapan metode bamboo dancing dalam pembelajaran keliling dan luas segiempat dan segitiga untuk meningkatkan ketrampilan 4C siswa SMP Kelas VII.

Keywords


metode bamboo dancing, keliling dan luas segiempat dan segitiga, ketrampilan 4C

Full Text:

PDF

References


Hifdziyah, N.A. (2015). Penerapan Metode Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Tokoh- Tokoh Penting dalam Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MI Ta’mirul Wathon 01 Sikancil Larangan Brebes. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Semarang.

Kartika, et al. (2015). Penerapan Metode Bamboo Dancing pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. Diakses tanggal 7 November 2016 pukul 17:51 WIB dari http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/Jurnal%20Eta%20Kartika.pdf.

Partnership for 21st Century Skills. (2008). 21st Century Skills, Education and Competitiveness: A Resource and Policy Guide. Tuczon, AZ.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Lampiran 15 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMP MTs.

Rossita, I & Leonard. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Tipe Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, 3(1), 1-10.

Sugihartono; Fathiyah, Kartika Nur; Harahap, Farida; Setiawati, Farida Agus; Nurhayati, Siti Rohmah. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Widyantini, T. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.

Zulhiyah. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Creativity Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPS. Diakses tanggal 7 November 2016 pukul 19:11 WIB dari http://repository.upi.edu/2149/4/T_PD_1103300_Chapter1.pdf.

Zuraida. (2015). Pembelajaran Bamboo Dancing Salah Satu Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XV(1), 120-127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.