KESALAHAN PENALARAN ANALOGI SISWA KELAS XII SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH NILAI MAKSIMUM

I Gede Beni Manuaba, Akbar Sutawidjaja, Hery Susanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan terjadinya kesalahan penalaran analogi siswa kelas XII dalam proses pemecahan masalah baru (target problem) yang analog dengan masalah yang sudah pernah dipecahkan siswa (source problem). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif eksploratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Tes terdiri dari 1 soal yang merupakan target problem. Data yang berupa hasil tes, hasil wawancara dan hasil rekaman dianalisis berdasarkan tahapan penalaran analogi dan 4 komponen penalaran analogi dalam proses pemecahan masalah yaitu penstrukturan (structuring), pemetaan (mapping), penerapan (applying), dan verifikasi (verifying). Hasil analisis data menunjukan bahwa kesalahan penalaran analogi siswa yang terjadi yaitu, 1) kesalahan dalam mengidentifikasi hubungan objek-objek matematika (antara masing-masing objek matematika) yang identik antara masalah sumber dan masalah taget pada komponen mapping, 2) kesalahan dalam menerapkan dan mengadaptasi strategi dari masalah sumber ke masalah target pada komponen applying, 3) kesalahan yang terjadi karena komponen verifying yang tidak dilakukan dan, 4) kesalahan dalam proses pemeriksaan kembali pada komponen verifying.­­­

Keywords


kesalahan penalaran analogi, pemecahan masalah, source problem, target problem

Full Text:

PDF

References


Amir-Mofidi, S., Amiripour, P. & Bijan-Zadeh, M.H. (2012). Instruction of Mathematical Concepts Through Analogical Reasoning Skills. Indian Journal of Science and Technology, 5 (6), 2916-2922.

Chaplin, J.P. (1981). Kamus Lengkap Psikologi. (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Copi, I.M. (1990). Introduction to Logic (Eighth Edition). New York: Macmillan.

English, L.D. (1993). Reasoning by Analogy in Constructing Mathematical Ideas. diakses tanggal 22 Desember 2014 dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED370766.pdf.

English, L.D. (2004). Mathematical and Analogical Reasoning of Young Leaners. Dalam Lyn D. English (Ed.). Mathematical and Analogical Reasoning of Young Leaners. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Indrayani, A. (2014). Proses Berpikir Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis, tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kadir & Ulfah, S.M.J. (2013). Pengaruh Penerapan Strategi Pemecahan Masalah “Look For A Pattern” Terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Matematik Siswa SMP. Prosiding, Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V, yang diselenggarakan oleh FMIPA UM, tanggal 27-30 Juni, Malang: Universitas Negeri Malang.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lee, K. (2009). Analogical Reasoning by The Gifted. Dalam , M. Tzekaki, M. Kaldrimidou, & H. Sakonidis (Eds.). Proceedings of the 33rd Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Thessaloniki: PME.

Maarif, S. & Rahman, R. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1): 33-58.

Pang, W.A. & Dindyal, J. (2009). Analogical Reasoning Errors in Mathematics at Junior College Level. Dalam R. Hunter, B. Bicknell, & T. Burgess (Eds.). Crossing Divides: Proceedings of The 32nd Annual Conference of The Mathematics Education Research Group of Australasia. Palmerston North. Merga.

Polya, G. (1973). How to Solve It. (2nded.). Princeton: Princeton University Press.

Ruppert, M. (2013). Ways of Analogical Reasoning-Thought Processes in An Example Based Learning Environment. Prosiding, Eight Congress of European Research in Mathematics Education (CERME 8), tanggal 6-10 Februari 2013. Turkey: Manavgant-Side, Antalya.

Soekadijo, R.G. (2001). Logika Dasar: Tradisional, Simbolik dan, Induktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subanji. (2011). Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudjadi, D. (2011). Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. diakses tanggal 22 Desember 2014 dari http://dedesudjadimath.blogspot.co.id/2011/11/kemampuan-penalaran-dan-pemecahan.html.

Sukayasa. (2009). Penalaran Dan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Geometri. Prosiding, Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY, tanggal 16 Mei 2009. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliani, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Prosiding, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, tanggal 31 Agustus. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.