PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

Imam Muhtadi Azhil, Agustin Ernawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal perbandingan antara siswa yang bergaya kognitif reflektif dan implusif. Sampel pada penelitian ini ada siswa kelas VII C SMP Al Hikmah Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah tes MFF (Matching Familiar Figures) dan tes kemampuan menyelesaikan soal perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata-rata yang diperoleh dari 4 siswa yang mengerjakan soal perbandingan adalah  siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif memiliki rata-rata 75% dapat menyelesaikan soal dengan benar, sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif implusif hanya 25%. Data yang sudah diperoleh dianalisis mengunakan tahap pemecahan Polya melalui 4 tahap penyelesaian yaitu, memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Memahami masalah, subjek gaya kognitif reflektif dapat menceritakan kembali permasalahan yang ada pada soal, sedangkan subjek gaya kognitif implusif pada beberapa soal saja. Membuat rencana penyelesaian, subjek gaya kognitif reflektif menyebutkan dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang dia digunakan pada soal, sedangkan subjek gaya kognitif implusif pada beberapa soal saja. Melaksanakan rencana penyelesaian, subjek gaya kognitif reflektif dapat melakasanakan semua rencana penyelesaian secara keseluruhan dan runtut, sedangkan subjek gaya kognitif implusif tidak melaksanakan rencana penyelesaian dan tidak runtut. Memeriksa kembali, subjek gaya kognitif reflektif dapat memberikan solusi penyelesaian di waktu akhir, sedangkan subjek gaya implusif memeriksa kembali penyelesaian secara tergesa-gesa.

Keywords


gaya kognitif reflektif, gaya kognitif implusif, perbandingan, tahap pemecahan Polya

Full Text:

PDF

References


Arifin, S, dkk. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Makassar: Jurnal Daya Matematis, vol. 3, No.1.

Alamodhodaei, H. (2010). Convergent/ Divergent Cognitive Styles And Mathematical Problem Solving Ferdowst. University of Mashhad., Iran : Journal Of Science And Mathematics Education In S.E Asia Vol. Xxiv, 2.

Febriyanti, R. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. UNESA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vo. 2, No. 5.

Kenny, R. F. (2007). Digital Narrative as a Change Agent to Teach Reading to Media Centric Student. Internasional Jurnal of Social Sciences Vol. 2, No.3.

Miles, M.H. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nasution. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Polya, G. (1973). How to solveit. New jersey: Princeton university press.

Rahman, A. (2008). Analisis hasil belajar matematika berdasarkan perebedaan gaya kognitif secara psikologis dan konseptual tempo pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan No.072.

Rahmatina, S, dkk. (2014). Tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematikan berdasarkan gaya kognitif reflektif dan implusif. Jurnal didati matematika Vol. 1, No. 1.

Rosyidi, A. H. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa SMP Bergaya Belajar Visual dan Aural. UNESA: Jurnal Ilmiah Matematika Vol. 2 No. 5.

Shadiq, Fadjar. 2011. Pentingnya pemecahan masalah di SMP. Diakses tanggal 15 Oktober 2016 dari (http://p4tkmatematika.org/2011/03/pentingnya-pemecahan-masalah-dismp

Sidabutar, N. D. dkk. (2016). Profil Pemecahan Masalah Metamtika Open-Ended dengan Tahap Creative Problem Solving (CPS) Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNESA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 5.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono. (2016). Penelitian kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharman. (2005). Psikologi kognitif. Surabaya: Srikandi.

UNESA. (2014). Pedoman penulisan artikel jurnal. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wulandari, D. A. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Matematika. UNESA: Jurnal Ilmiah Matematika Vol. 1, No. 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.