PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika yang abstrak, tetapi pada kenyataannya di sekolah ketersediaan media pembelajaran masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis e-learning menggunakan Moodle pada materi bangun ruang sisi datar untuk Siswa Kelas VIII SMP yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, dan siswa SMP Negeri 2 Tempel Kabupaten Sleman dan SMP Negeri 1 Semanu Kabupaten Gunungkidul. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang diubah menjadi nilai kumulatif skala Likert. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan observasi.
Produk media pembelajaran yang dikembangakan telah dinilai dan divalidasi oleh 3 orang ahli materi pembelajaran matematika dan 3 orang ahli media pembelajaran matematika. Adapun hasil penilaian ahli materi diperoleh kategori sangat baik, hasil penilaian ahli media diperoleh dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian respon siswa diperoleh dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Pribadi, Benny. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Grup.
Republik Indonesia. (1989). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.