PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Januar Adam Prasetiya, Uus Kusdinar

Abstract


Media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika yang abstrak, tetapi pada kenyataannya di sekolah ketersediaan media pembelajaran masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis e-learning menggunakan Moodle pada materi bangun ruang sisi datar untuk Siswa Kelas VIII SMP yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, dan siswa SMP Negeri 2 Tempel Kabupaten Sleman dan SMP Negeri 1 Semanu Kabupaten Gunungkidul. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang diubah menjadi nilai kumulatif skala Likert. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan observasi.

Produk  media  pembelajaran  yang  dikembangakan  telah  dinilai  dan divalidasi  oleh  3  orang  ahli  materi  pembelajaran  matematika  dan  3  orang  ahli media  pembelajaran  matematika.  Adapun  hasil  penilaian  ahli  materi diperoleh kategori sangat baik, hasil penilaian ahli media diperoleh dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian respon siswa diperoleh dengan  kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran  yang  dikembangkan  layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Keywords


Media Pembelajaran Matematika, E-Learning, Moodle, ADDIE, Bangun Ruang Sisi Datar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Pribadi, Benny. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Grup.

Republik Indonesia. (1989). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.