PEMANFAATAN APLIKASI LINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Karima Kusuma Wardani, Hertyas Tri Novintya, Alia Lulu Khusniati

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat mendukung pengembangan sumber belajar, khususnya internet dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan aplikasi LINE@. Tempat uji coba strategi pembelajaran ini adalah di SD Netral C Yogyakarta. Siswa di sekolah ini dominan mempunyai telepon genggan berbasis  android, namun hanya digunakan untuk download aplikasi permainan. Siswa lebih tertarik menggunakan telepon genggam untuk bermain game bukan untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut dirasa perlu untuk memanfaatkan salah satu aplikasi dari telepon genggam siswa sebagai media pembelajaran khususnya matematika. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa 90% siswa setuju dengan dimanfaatkanya aplikasi LINE sebagai media pembelajaran dan 90% siswa merasa puas dengan dimanfaatkanya aplikasi LINE sebagai media pembelajaran matematika. Dengan demikian pemanfaatan LINE sebagai media pembelajaran mendapat respon positif dari siswa dan masih perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis LINE.

Keywords


LINE@, e-learning, media pembelajaran, matematika, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Baya'a, N. F., & Daher, W. M. (2009). Learning Mathematics in an Authentic Mobile Environment: the Perceptionsof Students. iJIM, 3(S1), 6-14.

Hlodan, O. (2010). Mobile learning anytime, anywhere. BioScience, 60(9), 682-682.

Rahmawati, K. (2016). Pengembangan e-learning beerbasis moodle sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII sub-tema kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potensi sumbe daya. Jurnal UNY.

Saiful Ghozi, S. P. Pengembangan Materi Mobile Learning Dalam Pebelajaran Matematika Kelas X SMA Perguruan Cikini Kertas Nusantara

Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(2).

Sulisworo, D. & Toifur, M. (2016). The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school in Indonesia. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 10(3).

Sulisworo, D., Ishafit & Firdausy, K. (2016). The Development of Mobile Learning Application using Jigsaw Technique. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 10(3).

Waesche, N. (2015). Indonesia’s Love Affair with Messaging-Top 15 Apps. https://blog.gfk.com/2015/12/indonesias-love-affair-with-messaging-top-15-apps/ diakses tanggal 24 November 2016 pukul 08.52 wib

Yerushalmy, M. & Ben-Zaken, O. (2004). Mobile phones in Education: the case of mathematics. The Institute for Alternatives in Education, University of Haifa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.