INTERNALISASI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA POST-MODERN

Misnasanti Misnasanti, Cendekia Ad Dien, Amelia Dwi Astuti

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu faktor dominan dalam rangka proses pembangunan suatu bangsa. Peran dan tugas pendidikan dalam era postmodern bersifat antisipasi terhadap masalah yang terkait dengan penanaman nilai budaya dan karakter bangsa. Tanpa disadari, nilai-nilai budaya bangsa kita saat ini tergerus oleh perkembangan zaman sehingga mulai memudar. Hal ini menjadi perhatian khusus agar tidak mencapai titik kritis, maka salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal pada proses pembelajaran di sekolah, khususnya dalam pembelajaran matematika. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal memegang peranan penting dalam pembentukan karakter anak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Nilai-nilai kearifan lokal dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Diantaranya cerita rakyat dan kesenian tradisional sebagai konteks pembelajaran geometri, dan permainan tradisional sebagai konteks bilangan. Dalam hal ini, matematika menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap pengembangan budaya lokal.  Maka, tujuan dari kajian literatur dalam artikel ini adalah untuk mengkaji, menganalisa, dan mendeskripsikan hasil kajian yang berkenaan dengan nilai kearifan lokal pada pembelajaran matematika di era post-modern.

Keywords


Kearifan Lokal, Pembelajaran Matematika, Post-Modern

Full Text:

PDF

References


Amin, M. A. A. (2015). Pengembangan media permainan dakonmatika pada materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) bagi siswa kelas IV MI baitur rohim. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Aspin, David N., Chapman, Judith D., Ed. (2007). Values education and life long learning: principles, policies, and programmes. Netherland: Springer.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Helsa, Y. & Hartono Y. (2011). Designing reflection and symmetry learning by using math traditional dance in primary school. IndoMS: Journal on Mathema-tics Education, 2 (1), 79-94.

Rachmawati. I. (2012). Eksplorasi etnomatematika sidoarjo. MATHEdunesa, 1 (1).

Rahyono. F.X. (2009). Kearifan budaya dalam kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Sartini. (2006). Menggali kearifan lokal nusantara sebuah kajian filsafat. Diakses tanggal 15 Desember 2016 dari http://filsafat.ugm.ac.id.

Sastranagara, N.Y., Wahyu, W. & Saleh, Haji (2014). Model pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X madrasah aliyah al-hasanah pondok kelapa kabupaten bengkulu tengah. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Bengkulu.

Suhartini. (2009). Kajian kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Diakses pada 15 Desember 2016 dari http://staff.uny.a.id/sites/default/files/penelitian/ir.%20Suhartini,%20MS./Shtn%20Semnas%20MIPA%2009%20%Kearifan%20Lokal.pdf.

Tisngati, U. (2015). Pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal menggunakan model AKIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorog, tanggal 7 November 2015. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

UNESCO. (2016). Indigenous knowledge & sustainability. Diakses tanggal 20 Desember 2016 dari http://www. unesco.org/education/tlsf/mods/theme_c/mod11.html.

Wahyuni. R. (2011). Desain Pembelajaran FPB dan KPK Menggunakan Permainan Bekel di Kelas IV SD/MI. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Sriwijaya.

Wibowo, A. & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah (konsep, strategi, dan implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, Aryadi. (2012). Pendidikan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.