INTERNALISASI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA POST-MODERN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. A. A. (2015). Pengembangan media permainan dakonmatika pada materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) bagi siswa kelas IV MI baitur rohim. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Aspin, David N., Chapman, Judith D., Ed. (2007). Values education and life long learning: principles, policies, and programmes. Netherland: Springer.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Helsa, Y. & Hartono Y. (2011). Designing reflection and symmetry learning by using math traditional dance in primary school. IndoMS: Journal on Mathema-tics Education, 2 (1), 79-94.
Rachmawati. I. (2012). Eksplorasi etnomatematika sidoarjo. MATHEdunesa, 1 (1).
Rahyono. F.X. (2009). Kearifan budaya dalam kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.
Sartini. (2006). Menggali kearifan lokal nusantara sebuah kajian filsafat. Diakses tanggal 15 Desember 2016 dari http://filsafat.ugm.ac.id.
Sastranagara, N.Y., Wahyu, W. & Saleh, Haji (2014). Model pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X madrasah aliyah al-hasanah pondok kelapa kabupaten bengkulu tengah. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Bengkulu.
Suhartini. (2009). Kajian kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Diakses pada 15 Desember 2016 dari http://staff.uny.a.id/sites/default/files/penelitian/ir.%20Suhartini,%20MS./Shtn%20Semnas%20MIPA%2009%20%Kearifan%20Lokal.pdf.
Tisngati, U. (2015). Pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal menggunakan model AKIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorog, tanggal 7 November 2015. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
UNESCO. (2016). Indigenous knowledge & sustainability. Diakses tanggal 20 Desember 2016 dari http://www. unesco.org/education/tlsf/mods/theme_c/mod11.html.
Wahyuni. R. (2011). Desain Pembelajaran FPB dan KPK Menggunakan Permainan Bekel di Kelas IV SD/MI. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Sriwijaya.
Wibowo, A. & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah (konsep, strategi, dan implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya, Aryadi. (2012). Pendidikan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.