PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII SEMESTER 2 UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA DAN PRESTASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Pasa Jati Pamungkas, Rusgianto Heri Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta instrumen Tes Hasil Belajar (THB) yang valid dan reliabel. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian ahli yang menyatakan perangkat pembelajaran valid. Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian guru yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran praktis, penilaian siswa dengan kategori baik, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 86,16%. Keefektifan terlihat dari hasil tes prestasi dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85,71%, hasil observasi interaksi siswa dalam pembelajaran mencapai 91%, dan hasil angket interaksi siswa dalam pembelajaran  matematika pada kategori minimal baik mencapai 82,14 %.

Keywords


pengembangan, perangkat pembelajaran, interaksi, prestasi

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. & Kilcher A. 2010. Teaching for student learning: becoming an accomplished teacher. New York: Routledge.

Azwar, S. (2002). Tes prestasi fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006, tentang Standar Isi.

Jacobsen, D.A., Egen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching: metode-metode pengajaran mening-katkan belajar siswa TK-SMA. (Terjemahan Ahmad Fawaid & Khairul Anam). New York: Pearson Education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Khan, G. N., & Inamullah, H. M. Effect of student's team achievement division (STAD) on academic achievement of students. Asian Social Science, 7, 211-215.

Robinson, H.A (2005). The ethnography of empowerment: the transformative power of classroom interaction. London: The Falmer Press

Sardiman A.M. (2005). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Smaldino, S.E., et al. (2005) Instructional technology and media and media for learning (8th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative learning: theory, research, practice (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel M.I. (1974). Instructional develop-ment for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicapped.

Thurmond, V.A (2003). Examination of interaction variables as predictors of student satisfaction and wilingness to enroll in future web based courses while controlling for student characteristics. Diakses pada tanggan 10 Februari 2014 dari http://www.bookpump.com/dps/pdf-b/1121814b.pdf

Woolfolk, A. (2007). Educational psychology (10th ed.). Alexandria: Allyn & Bacon,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.