PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Sayyidatul Karimah, Rini Utami, Nurina Hidayah

Abstract


Pembuatan media pembelajaran matematika dalam kegiatan perkuliahan Media Pembelajaran Matematika membutuhkan kreativitas dari mahasiswa. Secara umum, mahasiswa yang mempunyai kreativitas yang tinggi akan membuat sebuah media pembelajaran yang bagus dan menarik. Hal inilah yang hendak dibuktikan melalui paparan hasil penelitian ini. Oleh karena itu, terdapat rumusan masalah penelitian yang ditetapkan diantaranya: (1) apakah terdapat pengaruh kreativitas terdapat hasil belajar mahasiswa?; (2) seberapa besar pengaruh yang terjadi antara kreativitas dan hasil belajar mahasiswa?. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, tes dan
dokumentasi. Analisis untuk menjawab hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Jawaban dari rumusan yang ditetapkan adalah hasil belajar mahasiswa dalam menghasilkan sebuah media pembelajaran dipengaruhi oleh kreativitas sebesar 45% dengan persamaan Yˆ = 57,95+ 0,18X . Semakin kreatif seorang mahasiswa maka hasil belajar mahasiswa dalam menghasilkan sebuah karya media pembelajaran juga semakin bagus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa.


Keywords


Media Pembelajaran Matematika, Kreativitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2014). 7 Tips Aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Mujib, Fathul. (2012). Super Power Educating. Jogjakarta: Diva Press.

Siagian, R. E. F., dan Nurfitriyanti, M. (2015). Metode pembelajaran inquiry dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian dengan Bantuan SPSS. Semarang: Unnes Press.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta. Penerbit IPB Press.

Widoyoko, S, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.