PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

Sehar Trihatun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Interaksi antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) terhadap peningkatan literasi dan disposisi matematis siswa. (2) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas berupa model pembelajaran generatif dan KAM, serta dua variabel terikat berupa literasi dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta, dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni, instrumen pengumpul data berupa test (pretest-posttest) dan skala disposisi matematis serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik berupa uji anava dua jalur dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. (2) Peningkatan Kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif tidak lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Keywords


Peningkatan, Model Pembelajaran Generatif, Literasi Matematis, Disposisi Matematis

Full Text:

PDF

References


Andriani, Ade. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve. Thesis, tidak dipublikasikan. Universitas Medan (UNIMED).

Balitbang. (2011). PISA (Programme For International Students Asessment). Diakses tanggal 15 Juli 2015 dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa.

Hidayah, Nurul (2014). Peningkatan Kemampuan Generalisasi Matematis dan Disposisi Matematis Melalui Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. Skripsi, tidak dipublikasikan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Johar, Rahmah (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang Th. XXX Vol 1 No 1.

Jufri, Lucky Hriyanti (2014). Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tidak diterbitkan.

Koesoema A, Doni (2013). Indonesia Paling Bahagia. Diakses tanggal 29 April 2015 dari http://edukasi.kompas.com/read/2013/12/11/1110124/Indonesia.Paling.Bahagia

Kusumah, Yaya, S (2011). Literasi Matematis. Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan MIPA yang diselenggarakan oleh FMIPA UNILA, Lampung : Universitas Lampung.

Mahmudi, Ali (2010). Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi MHM Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis serta Persepsi terhadap Kreativitas. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Nuraina (2013). Peningkatan Kemampuan Komuniikasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gandapura Kabupaten Bireun. Thesis, tidak dipublikasikan. Universitas Medan (UNIMED).

Nurhayati, Intan Nela (2014). Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activities. Thesis, tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sanjaya, Wina (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sugilar, Hamdan (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, Th. XXX Vol 2, No 2.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardhani dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.