EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN ROUND CLUB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Rahmi Purwitaningrum, Abdul Taram

Abstract


Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di SMP Negeri 8 Yogyakarta, pelaksanaan pembelajaran  masih tidak variatif dan cara belajar individual dalam mengerjakan soal yang tentunya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dalam pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) dan Round Club  serta mengetahui keefektifan kedua model tersebut terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, yang terbagi menjadi 10 kelas yaitu VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, VII H, VII I, VII J yang keseluruhan berjumlah 321 siswa. Sampel diambil 3 kelas menggunakan pendekatan teknik random terhadap kelas VII G sebagai kelas perlakuan 1 (TAI), kelas VII F sebagai kelas perlakuan 2 (Round Club),  kelas VII J sebagai kelas perlakuan 3 (Konvensional). Desain pada penelitian ini yaitu pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa soal pilihan ganda. Uji instrumen pengumpulan data menggunakan uji validitas, uji daya pembeda, uji taraf kesukaran, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. serta uji hipotesis terdiri dari uji F dan uji LSD. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, Round Club dan pembelajaran konvensional ditunjukkan oleh Fhitung = 6.506076401 dan Ftabel = 3.104666667 terlihat bahwa Fhitung > Ftabel. (2) Model pembelajaran Round Club lebih efektif daripada model pembelajaran TAI dan konvensional terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai μ3 < μ1 < μ2 atau Konvensional < TAI < Round Club pada uji LSD.

Keywords


Efektivitas, Team Asissted Individualization (TAI), Round Club, Konvensional, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2011. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_______. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMP-Mts. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktek (terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Subaryana. 2005. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : IKIP PGRI Wates

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.