ANALISIS PENGARUH BOD, TSS DAN MINYAK LEMAK TERHADAP COD DENGAN PENDEKATAN REGRESI LINEAR BERGANDA PT. X DI TANGERANG

Dian Ika Maulani, Edy Widodo

Abstract


Dalam dunia industri, limbah adalah salah satu aspek yang sangat perlu diperhatikan karena, jumlahnya lebih besar daripada limbah skala domestik. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang serius. Untuk menindak lanjuti hal tersebut pemerintah daerah mengeluarkan Perda kota Tangerang No. 2 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BOD, TSS dan Minyak Lemak terhadap COD. Penelitian ini dilaksanakan pada 18 Januari sampai dengan 12 Februari 2016, di PT. X yang merupakan industri pengolahan makanan di Cikupa, Tangerang. Dalam penelitian ini dilakukan analisis data sekunder yaitu data limbah cair oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Pada data limbah cair yang diuji adalah COD sebagai variabel dependen dan variabel BOD, TSS dan Minyak Lemak sebagai independent. Setelah dilakukan uji asumsi klasik dan asumsi-asumsi tersebut memenuhi kriteria BLUE, maka didapatkan model COD = 2,898 BOD + 0,343 TSS dengan nilai Adjusted R square sebesar 83,1%.

Keywords


COD, BOD, TSS, Minyak lemak, BLUE, Asumsi klasik, Regresi linear berganda

Full Text:

PDF

References


Agus, Widarjono. (2007). Ekonometrika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Chatterjee, Samprit. (1938). Regression analysis by example. - 4th ed, Copyright 2006 by John Wiley & Sons : New Jersey, Canada.

Draper, N.R, H, Smith. (1981). Analisis Regresi Terapan Edisi Kedua, Terj., dari Applied Regression Analysis (Second Edition), oleh Ir. Bambang Sumantri. Gramedia. Jakarta dengan SPSS, Yogyakarta : Gava Media

Gujarati. (2003). Ekonometrika Dasar. Alih Bahasa: Sumarno Zain, Erlangga, Jakarta.

Mumtaz, Zamzam. (2014). Laporan Kerja Praktek PT Medco E&P Lematang, Sumatera Selatan, (Studi Kasus : Aplikasi Metode Control Chart dan Regresi Linier Berganda pada Burner Temperature Sistem Thermal Oxidizer), Laporan Kerja Praktek tidak diterbitkan, Yogyakarta : Jurusan Statistika, Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia.

Rasyidin, H. (2008). Penurunan Kadar Parameter BOD,COD, Dan TSS Air Limbah Domestik RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Kab. Takalar Dengan Sistem Up Flow Anaerobic Aerobic Sludge Blanket (UAASB), Tesis S2, Makasar : Program Pascasarjana, Unversitas Hasanudin.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Togatorop, Rusmey. (2009). Korelasi Antara Biological Oxygen Demand (BOD) Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Terhadap pH, Total Suspended Solid (TSS), Alkaliniti Dan Minyak/ Lemak, Tesis S2, Medan : Program Pascasarjana, Unversitas Sumatera Utara.

Zuklifli. (2014). Pencemaran Air Pada Lingkungan. Skripsi S1, Purwokerto : Program Sarjana, Universitas Soedirman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.