ANALISIS HUBUNGAN AKUN EXPLORE JOGJA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGGUNA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM

Nanda Iswandhani, Al Aina Radiyah, Melinda Yusran, Edy Widodo

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Program Studi Statistika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Data yang diambil adalah data primer terdiri dari 303 foto hasil upload dari akun instagram explorejogja dari bulan januari hingga november 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 10 destinasi wisata yang paling diminati pada akun instagram explorejogja, mengetahui respon pengguna akun instagram terhadap 10 destinasi wisata Yogyakarta yang paling diminati, dan mengetahui hubungan akun explorejogja dengan pemenuhan kebutuhanan informasi. Analisis statistik yang digunakan adalah statistika deskriptif dan analisis korelasi spearman rank. Untuk menganalisis data tersebut dilakukan pengerjaan dengan bantuan program Microsoft Excel 2016 dan SPSS. Hasil yang diperoleh adalah 10 destinasi wisata terbaik di yogyakarta pada tahun 2016 adalah Tugu Yogyakarta, Candi Prambanan, Taman Pelangi, Kalibiru, Hutan Pinus Dlingo, Taman Sari Yogyakarta, Gunung Api Purba, Pantai Parangkusumo, Gumuk Pasir, dan Candi Ratu boko. Secara visual grafik scatterplot sudah menggambarkan adanya hubungan antara variabel like (X1) dengan hastag (X2). Hal ini terlihat jelas pada plot, setiap bertambahnya nilai variabel hastag (X2) menyebabkan kenaikan jumlah like (X1), plot diatas membentuk hubungan linear positif. Nilai korelasi kedua variabel adalah sebesar 0.43 (mendekati 1) yang artinya variabel like (X1) dengan hastag (X2) memiliki hubungan linear positif yang cukup kuat sehingga dapat disimpulkan bahwa kenaikan nilai like dapat menyebabkan kenaikan nilai hastag..dengan menggunakan α sebesar 0.25 data yang ada tidak mendukung H0, artinya ada hubungan antara variabel like dengan hastag.

Keywords


Instagram, Explorejogja, Like, Hastag, Hubungan

Full Text:

PDF

References


Chang, Hsia-Ching., Iyer, Hemalata. (2012). Trends in Twitter Hashtag Applications: Design Features for Value-Added Dimensions to Future Library Catalogues. Library Trends.

Entri. (2015). Explorejogja. http://3xplorejogja.blogspot.co.id/ Diakses Tanggal 24 September 2016 Pukul 20:00 WIB.

Femphy Pisceldo, Manurung, R., Adriani, Mirna. (2009). Probabilistic Part-of-Speech Tagging for bahasa Indonesia. Third International MALINDO Workshop, colocated event ACLIJCNLP 2009, Singapore, August 1, 2009.

Gonzalez, Phil. (2011). Instagram 5.0 (english): How become most popular in Instagram. Instagramers. Diakses Tanggal 22 Oktober 2016 Pukul 13:00 WIB.

Gonzales, Phil. (2011). Instagram 6.0 (english): How to use Hastags in Instagram?. Instagramers. Diakses tanggal tanggal 30 September 2016 Pukul 20:00 WIB.

Huraerah, Abu. (2015). Pengaruh Tingkat Akses Akun Instagram Terhadap Explorejogja. https://prezi.com/nuptcg88-rzb/pengaruh-tingkat-akses-akun-instagram-explorejogja-terhadap/. Diakses Tanggal 24 September 2016 Pukul 20:00 WIB.

Iqbal, Hasan. (2000). Analisis Deskriptif. https://statistikceria.blogspot.com/2012/01/ teori-analisis-deskriptif.html. Diakses Tanggal 24 September 2016 Pukul 20:00 WIB.

Kamaruzaman, S. M., Chowdhury M, R. (2004). Text Categorization using Association Rule and Naive Bayes Classifier. Asian Journal of Information Technology, Vol. 3, No. 9, pp 657-665, Sep. 2004.

Kibriya Ashraf M., Frank Eibe, Pfahringer Bernhard, Holmes Geoffrey . (2004). Multinomial Naïve Bayes for Text Categorization Revisited. Australian joint conference on artificial intelligence No 17.

Nashiruddin, Ahmad. (2014). Apa itu tagar hashtag. http://tech.anashir.com/2014 /01/21/1308203/apa-itu-tagar-hashtag. Diakses Tanggal 22 Oktober 2016 Pukul 20:00 WIB.

Nita,Valentina. (2015). Explorejogja Sebagai Referensi Tempat Wisata Di Yogyakarta. https://citraceritajogja.wordpress.com/2015/01/12/explorejogja-sebagai-referensi-tempat-wisata-di-yogyakarta/. Diakses pada 24 September 2016 Pukul 20:00 WIB.

Nugraha, Jaka. (2013). Pengantar Analisis Data Kategorik. (Metode dan Aprlikasi Menggunakan Program R) Yogyakarta : Cv Budi Utama.

Pang, Bo. Lee, L dan Vaithyanathan, S. (2002). Thumbs up? Sentiment classification using machine learning techniques. Proceedings of the 7th Conference on Empirical Methods in Natural Language Processing (EMNLP-02).

Turney, Peter D. (2002). Thumbs Up or Thumbs Down? Semantic Orientation Applied to Unsupervised Classification of Reviews. presented at the Association for Computational Linguistics 40 Anniversary Meeting, New Brunswick, N.J.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.