PENGGUNAAN TURBO PASCAL DALAM SISTEM PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA S-1 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Misda Wati, Mufika Syahfitri, Syariful Fahmi

Abstract


Turbo Pascal for Windows atau sering disebut TPW adalah program yang digunakan dalam penggunaan bahasa pemrograman PASCAL pada komputer dengan operating sistem adalah windows. Turbo Pascal sendiri merupakan versi yang populer dalam PASCAL. PASCAL sudah menjadi bahasa standar dalam dunia pendidikan komputer.Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling sederhana dan merupakan bahasa yang dasar. Sehingga bisa jadi bagi seseorang yang ingin menjadi programmer bahasa pascal salah satu yang harus dikuasai.
Turbo pascal sebagai sebuah software yang digunakan dalam mata kuliah pemrograman komputer dapat digunakan untuk membuat program yang berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari yang dapat dikonsepkan dengan algorima dan pascal. Program umum yang biasanya digunakan dengan pascal antara lain: program kasir, program nilai siswa, program data mahasiswa, program mencari rata-rata, dan sebagainya. Dalam artikel ini, kami akan membahasnya tentang penggunaan turbo pascal dalam sistem pendaftaran mahasiswa baru program sarjana S-1 pada universitas Ahmad Dahlan.
Sebagai sebuah program turbo pascal, kami menggunakan procedure untuk menyingkat panjangnya program yang kami susun. Pengguna ketika menggunakan program ini akan diminta untuk memasukkan data diri calon pendaftar, pilihan fakultas dan program studi serta gelombang pendaftaran keberapa. Selain itu juga akan menampilkan biaya yang harus dikeluarkan oleh pendaftar. Output dari program ini adalah biodata pendaftar, fakultas yang dipilih beserta program studinya serta biaya kuliah dari semester satu sampai semester 8.


Keywords


Turbo Pascal, Penerimaan Mahasiswa Baru, Procedure

Full Text:

PDF

References


Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC). 2016. Webometrics Ranking of World Universities. Tersedia di: http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia%20.

GNU General Public License. 2010. Free Pascal. Tersedia di: http://www.freepascal.org.

Lazarus and Free Pascal Team. 2016. Lazarus. Tersedia di: http://www.lazarus-ide.org.

Universitas Ahmad Dahlan. 2016. Penerimaan Mahasiswa Baru 2016. Tersedia di: http://pmb-online.uad.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.