PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 BAGI GURU-GURU MATEMATIKA SMP MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN KLATEN

Syariful Fahmi, Rima Aksen Cahdriyana, Vita Istihapsari

Abstract


Materi pelajaran matematika dalam kurikulum tidak semuanya bisa menggunakan media
komputer, tetapi setidaknya ada media alternatif baru untuk menunjang pembelajaran matematika.
Penggunaan komputer membantu guru menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas harian.
Dan yang lebih penting, para guru akan mengalami bagaimana komputer membantu mengerjakan
pengajaran dengan lebih baik. Pelatihan dan pendampingan kemampuan guru-guru matematika dalam
mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan Adobe Flash CS 3 bagi guruguru
matematika di MTs/SMP Muhamamdiyah se-Kabupaten Klaten merupakan langkah tepat untuk
memajukan kompetensi guru.
Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk (1). Member ketrampilan
pada guru bagaimana menggunakan software Adobe Flash CS 3 sebagai software pembuat multimedia
interaktif untuk mengenalkan konsep matematika. (2). Member ketrampilan pada guru bagaimana
membuat media pembelajaran yang interaktif.
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Klaten yang dimulail pada
tanggal 29 Oktober sampai dengan 25 November 2016. Adapun pelaksanaanya melibatkan dua (2)
mahasiswa yang membantu secara teknis pelaksanaan pelatihan dan pendampingan. Pelaksanaan
pelatihan dan pendampingan dilaksanakan di Aula SMP Muhammadiyah 1 Klaten, dengan sesi perhari
sebanyak 6 sesi (persesi 50 menit) dengan jumlah peserta adalah 24 guru guru matematika yang berasal
dari MTs/SMP Muhammadiyah se-KabupatenKlaten. Pelatihan selanjutnya peserta membuat media
sederhana dan peserta dibagi dalam 4 kelompok untuk membuat media pembelajaran sederhana dengan
menggunakan Adobe Flash CS 3. Penentuan anggota kelompok berdasar atas kedekatan lokasi sekolah
sehingga memudahkan guru dalam berkoordinasi. Secara umum pelaksanaan pelatihan dan
pendampingan bagi guru-guru matematika MTs/SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten tidak
menemui hambatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan dukungan dari pihak K3S yang sangat baik
sehingga kegiatan pelatihan dapat berjalan lancar.


Keywords


Pelatihan, Adobe Flash CS3, Guru Matematika

Full Text:

PDF

References


Geisert, P. G. & Futrell, M. K. 1995. Teachers, computers and curriculum. Microcomputers in the classroom. Needham Heights, Mass: Simon & Shuster Company.

Aminah Ahmada, Tan Sin Yin, Loh Yue Fang, Yap Hui Yen, & Khoh Wee How. 2010. Incorporating Multimedia as a Tool into Mathematics Education: A Case Study on Diploma Students in Multimedia University. Dipaparkan pada International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010). Tersedia di: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042810021877#


Refbacks

  • There are currently no refbacks.