PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Metakognitif. Skripsi: tidak diterbitkan.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Barrody, A.J. 1993. Problem solving, reasoning and communicating children thing mathematically. New York: Merril, an Inprint of Macmillan Publishing, Company.
Darhim. (2002). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal. Bandung: FPMIPA UPI.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.
Uno, B, Hamzah, (2011), Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Herman Hudojo. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran matematika. Malang : Universitas Negeri Malang.
Kholik, Muhammad. 2011. Metode Pembelajaran Konvensional. Diunduh dalamhttp://muhammadkholik.wordpress.com/. Di akses pada 23 November 2013.
Marpaung. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Matematika di USD Yogyakarta. Yogyakarta, 27 – 28 Maret 2003.
Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika). [Online]. http://staff.uny.ac.id. Diakses 9 Oktober 2015.
Mahmuzah dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 2, September 2014 .
Muhlishin. 2013. Pengertian Umum Pembelajaran Konvensional. Diunduh dalamhttp://www.referensimakalah.com/2013/05/pengertian umum pembelajaran.html. Diakses pada 22 November 2013.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Drive, Reston, VA: The NCTM.
Rohimah, Siti Maryam. 2012. Metode Ceramah dalam Pembelajaran [On-line]. Tersedia: http://www.rofayuliaazhar.com/2012/06/metode-ceramah-dalam-pembelajaran.html [21 Maret 2014]
Russefendi, E.T. 2005. Dasar-dasar penelitian pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Survey Internasional PISA. 2006. Skor Rata-Rata Prestasi Literasi Matematika http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa
Survey Internasional TIMSS.2006. Skor Rata-Rata Prestasi Matematika http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/timss
Sudharta. 2004. Realistic Mathematics: Apa dan bagaimana?
Supardi. 2012. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Dirinjau dari motivasi belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.: tidak diterbitkan. http://www.depdiknas.co.id/editoria: Jurnal Pendidikan Indonesia.
Walpole, Ronal, E. 2005. Pengantar statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wijaya, Arijaya (2012), Pendidikan Matematika Realistik, Yogyakarta: Graha Ilmu
Refbacks
- There are currently no refbacks.