PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Wiwik Novitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pendekatan pendidikan matematika realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, 2) Peningkatan disposisi matematis siswa yang diberi pendekatan pendidikan matematika realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, 3) Interaksi antara pendekatan pendidikan matematika realistik dengan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-postes control (pretest-postes control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 1 Batang Angkola yang teridiri dari 8 kelas dengan jumlah 202 siswa. Secara acak dipilih dua kelas untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IX B sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan pendekatan pendidikan matematika realistik dan kelas IX A diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: tes kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji anava dua jalur. Penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pendekatan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional, 2) Peningkatan disposisi matematis siswa yang diberi pendekatan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional, 3) Terdapat interaksi antara pendekatan pendidikan matematika realistik dengan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Keywords


Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis, Pendekatan Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Amelia, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Metakognitif. Skripsi: tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Barrody, A.J. 1993. Problem solving, reasoning and communicating children thing mathematically. New York: Merril, an Inprint of Macmillan Publishing, Company.

Darhim. (2002). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal. Bandung: FPMIPA UPI.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.

Uno, B, Hamzah, (2011), Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman Hudojo. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran matematika. Malang : Universitas Negeri Malang.

Kholik, Muhammad. 2011. Metode Pembelajaran Konvensional. Diunduh dalamhttp://muhammadkholik.wordpress.com/. Di akses pada 23 November 2013.

Marpaung. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Matematika di USD Yogyakarta. Yogyakarta, 27 – 28 Maret 2003.

Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika). [Online]. http://staff.uny.ac.id. Diakses 9 Oktober 2015.

Mahmuzah dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 2, September 2014 .

Muhlishin. 2013. Pengertian Umum Pembelajaran Konvensional. Diunduh dalamhttp://www.referensimakalah.com/2013/05/pengertian umum pembelajaran.html. Diakses pada 22 November 2013.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Drive, Reston, VA: The NCTM.

Rohimah, Siti Maryam. 2012. Metode Ceramah dalam Pembelajaran [On-line]. Tersedia: http://www.rofayuliaazhar.com/2012/06/metode-ceramah-dalam-pembelajaran.html [21 Maret 2014]

Russefendi, E.T. 2005. Dasar-dasar penelitian pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Survey Internasional PISA. 2006. Skor Rata-Rata Prestasi Literasi Matematika http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa

Survey Internasional TIMSS.2006. Skor Rata-Rata Prestasi Matematika http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/timss

Sudharta. 2004. Realistic Mathematics: Apa dan bagaimana?

Supardi. 2012. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Dirinjau dari motivasi belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.: tidak diterbitkan. http://www.depdiknas.co.id/editoria: Jurnal Pendidikan Indonesia.

Walpole, Ronal, E. 2005. Pengantar statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wijaya, Arijaya (2012), Pendidikan Matematika Realistik, Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.