ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA GURU MATEMATIKA SMP

Agus Sofian Eka Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dilakukan oleh beberapa guru matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terintegrasi dalam pelaksanaan pelatihan INNOMATTS. Subjek dari penelitian ini adalah lima guru matematika SMP di Kota Semarang yang merupakan peserta pelatihan model INNOMATTS. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan terhadap dokumen RPP; cara kerja guru dalam penyusunan RPP; pelaksanaan pembelajaran; cara kerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran; dan penilaian pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh fakta bahwa pada umumnya guru mampu merancang pembelajaran dengan dengan menerapkan prinsip dan karakteristik RME akan tetapi dalam ranah implementasi masih terdapat guru yang mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan baik pembelajaran maupun penilaian dengan mengikuti karakteristik dari RME.

Keywords


Eksplorasi, Realistic Mathematics Education, RME

Full Text:

PDF

References


Asikin, M, et al. (2013). Pengembangan Pelatihan INNOMATTS (Innovative Mathematics Teaching Study) untuk Meningkatkan Kompetensi dan Karakter Guru Matematika. (Penelitian). Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Ditjen Dikti. Depdiknas.

Dickinson, P., & Hough, S. (2012). Using realistic mathematics education in UK classrooms. Centre for Mathematics Education, Manchester Metropolitan University, Manchester, UK.

Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (RME) in teaching geometry in Indonesian primary schools. University of Twente.

Gravemeijer, K., P., E. (1994). Developing realistic mathematics education. Culenborg: Technipress.

Junaedi, I. & M. Asikin. 2012. Pengembangan pembelajaran Matematika Humanistik untuk Meningkatkan Kemahiran Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Reasearch, 1(2): 116-120.

Kemendikbud. 2013. Hasil UN SMP – Sederajat Tahun Ajaran 2012/2013. Makalah ini disampaikan pada konferensi pers, Jakarta, 31 Mei.

Middleton, J. A. (1999). Curricular influences on the motivational beliefs and practice of two middle school mathematics teachers: A follow-up study. Journal for Research in Mathematics Education, 349-358.

Mulis, et al. (2012). TIMSS 2011 Int ernational Results in Mathematics. US: TIMMS & PIRLS International Study Center.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United State of America: Library of Congress Cataloguing.

Ozdemir, E., & Uzel, D. (2011). The Effect of Realistic Mathematics Education on Student Achievment and Student Opinion Toward Instruction. H. U. Journal of Education, 40, 332-343.

Setiani, F. (2011). Pengembangan Assesmen Alternatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi, 2(15), 1-19

Widjaja, Y. B. & A. Heck. (2003). How a Realistic Mathematics Education Approach and Microcomputer-Based Laboratory Worked in Lessons on Graphing at an Indonesian Junior High School. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 26(2): 1-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.