PROFIL METAKOGNISI MAHASISWA PEREMPUAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI ANALITIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Muhammad Ridlo Yuwono, Septiana Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan profil metakognisi mahasiswa perempuan dalam memecahkan masalah geometri analitik ditinjau dari gaya kognitif (Field Dependent dan Field Independent). Jenis penelitian ini adalah kualitatif.dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma. Subjek dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini meliputi instrumen utama (peneliti) dan instrumen bantu (berupa soal pemecahan masalah geometri analitik). Penelitian ini menggunakan instrumen tes Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk menentukan kategori gaya kognitif dari subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode think aloud, dimana subjek mengungkapkan ide dan gagasannya secara lisan dalam memecahkan masalah geometri analitik. Untuk menghasilkan data yang valid dari subjek penelitian digunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah profil metakognisi mahasiswa perempuan dengan gaya kognitif FI dan mahasiswa laki-laki dengan gaya kognitif FD berbeda pada tahap memahami masalah dan mengecek kembali, akan tetapi memilki kesamaan pada tahap mmenyusun dan melaksanakan rencana.


Keywords


mahasiswa perempuan, geometri analitik, gaya kognitif

Full Text:

PDF

References


Altun, A., & Cakan, M. 2006. “Undergraduate Students’ Academic Achievement, Field Dependent/Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers”. Educational Technology and Society, 9,(1): 289-297.

Anderson, N. J. 2002. The Role of Metacognition in Second Language Teaching and Learning. ERIC Publications (071). ERIC Clearinghouse on Languages and Linguistics, Washington,DC. Diakses di https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED463659.pdf

Bender, S. E. 2018. Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. E-Journal Sariputra, 5(1): 92-99. Diakses di http://jurnal.unsrittomohon.ac.id/index.php?journal=ejurnal&page=article&op=download&path%5B%5D=367&path%5B%5D=333

Cahyono, B. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1): 50-64.

Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Gordon, H. R. & L. J. Wyant. 1994. Cognitive Style of Selected International and Domestic Graduate Students at Marshall University. Report-Research/Technical. Marshall University.

Husna, U. 2018. Studi Pendahuluan tentang Profil Berpikir Geometri Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent (FI) Dan Field Dependent (FD). 1(1): 33-39. Diakses di: http://ejournal.unaja.ac.id/index.php?journal=JRED&page=article&op=view&path%5B%5D=285&path%5B%5D=253

Irham, M. 2018. Analisis Metakognisi Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah pada Materi Turunan. Proceeding ELPSA Converence 2018. 1(1): 177-187. Diakses di http://ejournal.apppintb.org/index.php/ELPSA/article/view/4

Iswahyudi, G. 2012. Aktivitas Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Langsung Ditinjau dari Gender dan Kemampuan Matematika. Seminar ini disampaikan pada Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Matematika UNS Surakarta 21 November 2012.

Kristianto, B. R, Krsiwadani & N. Ratu. 2016. Analisis Proses Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Boyolali. Diakses di reposito-ry.uksw.edu/bitstream/.../T1_202012056_%20Abstract.pdf (18-6-2016)

Lai, E. R. 2011. Metacognition: A Literature Review. Research Report. Diakses di https://images.pearsonassessments.com/im-ages/tmrs/Metacognition_Literature_Review_Final.pdf

Muliawati, N. E. 2017. Profil Metakognisi Siswa Field-Independent dan Field-Dependent dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JRPM), 3(1): 79-93. Diakses di http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/293

Polya, G. 1973. How to Solve It. Princeton (New Jersey): Princeton University Press.

Pramono, A. J. 2017. Aktivitas Metakognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Kreano (Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif), 8(2): 133-142. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.6703

Razali, M., R. Jantan & S Hashim. 2006. Psikologi Pendidikan. Selangor: PTS Professional.

Susanti, A. 2016. Analisis Metakognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Segiempat pada Siswa SMP. Publikasi Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses di eprints.ums.ac.id/45190/13/Artikel%20Publikasiapril%20top%20markotop.pdf

Udiyono, & M. R. Yuwono. 2018. The Correlation Between Cognitive Style and Students’ Learning Achievement on Geometry Subject. Infinity Journal, 7(1): 35-44. DOI: 0.22460/infinity.v7i1.p35-44


Refbacks

  • There are currently no refbacks.