PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII SEMESTER GENAP

Muhammad Suhuddinul Islam, Syariful Fahmi

Abstract


Teknologi pendidikan menjadi salah satu alat bantu bagi guru dalam menyampaikan materi matematika. Teknologi pendidikan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengembangan media pembelajaran, misalnya pada pembelajaran matematika dengan menggunakan teknologi multimedia untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif. Materi aritmatika sosial masih dianggap sulit oleh sebagian siswa terutama dalam menerjemahkan soal-soal cerita kedalam model matematika. Media pembelajaran interaktif diharapkan dapat menjadi fasilitas yang menunjang pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika dengan mengunakan macromedia flash 8 profesional dalam pembelajaran matematika materi aritmetika sosial. 

            Dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif matematika ini disusun berdasarkan langkah-langkah penggunaan Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang dilakukan secara kuantitatif untuk menghitung skor hasil uji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan.

            Hasil Penelitian pengembangkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan macromedia flash 8 profesional pada materi aritmatika sosial SMP kelas VII berdasarkan kualitas tiap aspek media pembelajatran dari segi ahli materi dalam kategori sangat baik dengan persentase skor rata-rata 93,18%, dari segi ahli media dalam kategori sangat baik dengan persentase skor rata-rata 95,8%, dan respon siswa dalam kategori sangat layak dengan persentase skor rata-rata 89,93%. Maka media pembelajaran interaktif matematika berbasis pendidikan dengan menggunakan macromedia flash 8 profesional ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif,Macromedia Flash 8 Profesional, Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

References


Fahmi, S. (2014). Pengembangan multimedia macromedia flash dengan pendekatan kontekstual dan keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika. Jurnal AgriSains, 5(2).

Pelelupu, Davik Neo Dan Mochamad Cholik. (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adpbe Flash CS5 Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Kelas X TOM SMK Krian I Sidarjo. JPTM Volume 03 Nomoe 02. Hal. 10-19

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang RI. Nomor 20 Tahun 2013 BAB II pasal 3 Tentang Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.