Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Menggunakan Learning Management System (LMS) MOODLE pada Materi Program Linear untuk Siswa SMA Kelas XI

Nur Rahmat Wahyuaji, Abdul Taram

Abstract


Perkembangan Teknologi telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari, termasuk variasi belajar menggunakan media. Media pembelajaran yang dapat diakses dimana saja menggunakan internet salah satunya adalah media pembelajaran berbasis e-learning, akan tetapi media pembelajaran berbasis e-learning di sekolah masih jarang dipergunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis e-learning menggunakan learning management system (LMS) Moodle pada materi program linear untuk siswa SMA kelas XI yang layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media dan siswa SMA Negeri 1 Banguntapan serta SMA Negeri 1 Jetis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif yang kemudian dirubah ke data kuantitatif menggunakan skala Likert. Produk dari hasil pengembangan media pembelajaran dinilai oleh tiga ahli materi, tiga ahli media dan 41 siswa. Hasil  penilaiannya secara keseluruhan mendapatkan kategori baik pada rata-rata 3,96. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.


Keywords


Media Pembelajaran Matematika, Program Linear, E-Learning, MOODLE, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran - Landasan & Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Afgani, M. W., Darmawijoyo, & Purwoko. (2008). Pengembangan media website pembelajaran materi program linear untuk siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45–59.

Wahyuningsih, D., & Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Zulhaji, Yadi, F., Santosa, M. A., Efendi, Y., Roziqin, A., Hanum, N. S., … Utami, A. D. W. (2013). Pengelolaan Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Andi Offset.

Chrisnawati, H. E., Kurniawati, I., & Kuswardi, Y. (2012). Pengembangan Pembelajaran Peta Konsep Dan Aplikasi Elearning Moodle: Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMK Surakarta. Journal of Mathematics and Mathematics

Education, II(2), 60–73.

Hartawan, I. K. A., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2014). Pengembangan Portal E-Learning Berbasis Moodle Pada Matapelajaran Fisikan Kelas X di SMA Dwijendra Denpasar. E- Journal Edutech, 2(1).

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, S. E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suartama, I. K., & Tastra, I. D. K. (2014). E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.