Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Melalui Perpaduan NHT dengan Snowball Throwing Berbantuan Buku Saku

Nikken Isnaini Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif matematika siswa menggunakan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Snowball Throwing berbantuan media pembelajaran buku saku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yang meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif matematika siswa. Keberhasilan tersebut diperoleh dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus sebesar 79,026316, pada siklus I diperoleh rata-rata tes hasil belajar kognitif siswa sebesar 84,631579, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata tes hasil belajar kognitif siswa sebesar 90,452632. Berdasarkan perolehan tes hasil belajar kognitif matematika siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 14,458875%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Snowball Throwing berbantuan media pembelajaran buku saku dapat meningkatkan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2017/2018.


Keywords


NHT, Snowball Throwing, Hasil Belajar Kognitif, Buku saku

References


Anggraeni, Yuli, dan Mimin Nur Aisyah. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PAM”. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume 5 Nomor 2

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

________________. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jalarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Ban dung: Alfabeta.

Budiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Januwardana, I Gd. Arta, Siti Zulaikha, dan Md. Putra. 2014. “Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kuta Badung”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2 Nomor 1

Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Lestari, Nur Endah. 2015. “Implementasi Scaffolding Untuk Mengatasi Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran”. Jurnal APOTEMA. Vol. 1 No. 1.

Mansyur, Harun Rasyid, dan Suratno. 2015. Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nursalim. 2015. “Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika terhadap

Watampone Kabupaten Bone”. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPan). Volume 3 Nomor 1

Noormandiri. 2016. Matematika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.

Ompusunggu, Vera Dewi Kartini. 2014. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing”. Jurnal Saintech. Volume 06 No 4.

Purwanto. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬________. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratnawulan, Elis, dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Arif. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Slameto. 2013. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Stefany, Anggita, dan Suliyanah.2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor di Kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan”. Jurnal Mahasiswa Unesa. Volume 1 Nomor 1.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sukmayasa, I Made Hendra, dkk.. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_____________. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suriani,Kt, I Nym Murda, dan Ni Wy. Arini. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD. Jurnal Udiksha. Volume 1 Nomor 1.

Sutrisno, Valiant Lukad Perdana, dan Budi Tri Siswanto. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 6 Nomor 1.

Suwardi, Dana Ratifi. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus”. Economic Education Analysis Journal. Volume 1 Nomor 2.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Vik, Vik, Syamswisna dan Titin. 2016. “Kelayakan Media Buku Saku Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA Mandor”. Pontianak: FKIP UNTAN.

Widiastini, Ni Kadek, I Nyoman Sudiana, dan I Wayan Rasna. 2017. “Pengaruh Metode Numbered Heads Together yang Dipadukan dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Volume 7 Nomor 2.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainal, Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zuhra, Fatma, M. Hasan, dan Rini Safitri. 2017. “Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Volume 5 Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.