PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ (KUIS KELOMPOK) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Helma Mustika, Juliyanto Juliyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran Team Quiz (Kuis Kelompok) lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional dengan lokasi penelitian di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Seberida. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized subjects posttest only control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika inferensial. Analisis ini dilakukan terhadap data hasil posstes sesudah penelitian. Karena data berasal dari sampel yang saling bebas atau tidak terikat,  maka uji statistik yang digunakan terhadap dua sampel yang saling bebas yaitu dengan menggunakan uji “t” (Independent Sample t Test). Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis penelitian ini diperoleh  = 1,257 >  = -1,994 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Team Quiz (Kuis Kelompok) lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep dengan  pembelajaran konvensional pada materi segiempat di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Seberida.


Keywords


Pemahaman Konsep, Kuis Kelompok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.