KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF FIRING LINE BERPENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Ari Limay Trisno Putra, Nur Karomah Dwidayati

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yang menjadi fokus penting dalam pembelajaran matematika. Kenyataan yang terjadi pada proses pembelajaran matematika, peserta didik bersifat pasif dalam menerima informasi dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Untuk mencapai keberhasilan pada tujuan pembelajaran, guru hendaknya mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah strategi pembelajaran aktif firing line berpendekatan konstruktivisme. Strategi pembelajaran firing line merupakan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan peserta didik untuk menjawab maupun memberikan respon cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan atau tantangan yang diberikan oleh peserta didik lain. Sedangkan pendekatan konstruktivisme mengarahkan peserta didik untuk mengkontruksikan gagasan masing-masing, lalu menemukan sendiri pengetahuan. Pembelajaran melalui pendekatan konstruktivisme mempersiapkan peserta didik pada situasi pemecahan masalah, negosiasi dan menyelesaikan masalah melalui sharing, bertukar gagasan, aktif, berkolaborasi dengan guru dalam mengkreasi makna baru. Pada artikel konseptual ini akan dibahas Implementasi strategi pembelajaran aktif firing line berpendekatan konstruktivisme dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.


Keywords


(Firing Line;Kemampuan Pemecahan Masalah;Konstruktivisme)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.